Home » » Pengertian Atom Dan Komponen-Komponen Atom

Pengertian Atom Dan Komponen-Komponen Atom

Pengertian Atom – Atom merupakan komponen terkecil yang ada pada suatu unsur. Hingga saat ini (Tahun 2015), komponen atom masih belum dapat dibagi kembali menjadi komponen yang lebih kecil.

Setiap benda yang ada di dunia tersusun atas atom-atom yang membentuk satu kesatuan yang padu/utuh. Manusia, hewan, pohon, batu, air, api, dan berbagai macam benda lainnya, semuanya tersusun atas partikel atom.

Istilah atom sendiri pertama kali diungkapkan oleh Demokritos pada Tahun 450 SM di Yunani, dan kemudian dikembangkan oleh para peneliti ilmu kimia yang ada di seluruh penjuru Dunia.

Definisi dan Pengertian Atom
Istilah atom pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “ atomos / ἄτομος / átomos / α-τεμνω” yang artinya adalah sudah tidak dapat dipotong atau pun tidak dapat dibagi lagi.

Menurut Wikipedia, pengertian atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terbentuk atas elemen proton yang memiliki muatan positif, dan elemen neutron yang bermuatan netral.

Komponen – komponen dalam Atom
Berdasarkan penelitian, sebuah atom terdiri dari tiga komponen dasar yaitu komponen partikel subatom, komponen inti atom, dan komponen awan elektron.

Partikel Subatom
Meskipun hingga saat ini atom diakui sebagai satuan terkecil yang ada di dalam alam semesta (AKA setiap benda), akan tetapi beberapa hasil penelitian yang ditemukan belakangan ini mengungkapkan bahwa atom ternyata tersusun atas beberapa partikel-partikel subatom. Partikel-partikel penyusun atom tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok partikel yaitu kelompok partikel inti atom dan kelompok partikel awan elektron atom.

Kelompok partikel inti atom tersusun atas komponen proton (subatom bermuatan positif) dan komponen neutron (subatom bermuatan netral), sedangkan kelompok awan elektron tersusun atas komponen elektron (subatom bermuatan negatif)

Inti Atom
Inti atom merupakan komponen pusat atau pun komponen utama yang ada dalam sebuah atom. Inti atom biasanya terdiri atas komponen proton dan komponen neutron yang terikat bersama di dalam pusat atom. Komponen proton merupakan komponen atom yang bermuatan positif, sedangkan komponen elektron merupakan komponen atom yang memiliki muatan netral.

Awan Elektron
Awan elektron merupakan komponen dalam atom yang memiliki muatan negatif. Awan elektron biasanya berada di bagian luar atom, yang posisinya mengelilingi proton dan neutron yang ada di inti atom. Keberadaan elektron di bagian luar atom dipengaruhi oleh gaya tarik menarik yang terjadi antara awan elektron yang bermuatan negatif dengan inti atom proton yang bermuatan positif.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian atom yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Atom Dan Komponen-Komponen Atom Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.