Home » » Pengertian Biosfer Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian Biosfer Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian Biosfer – Istilah biosfer merupakan salah satu istilah geografi yang digunakan untuk menggambarkan kondisi lingkungan yang memungkinkan untuk ditinggali organisme makhluk hidup. Biosfer merupakan kondisi alam yang ada di luar bumi yang memenuhi persyaratan kehidupan organisme makhluk hidup.

Definisi dan Pengertian Biosfer
Menurut Wikipedia, pengertian biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, air, dan daratan, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Dalam ilmu geofisiologi sendiri, biosfer secara luas merupakan sistem ekologis global yang menyatukan seluruh organisme makhluk hidup serta hubungan di antaranya, termasuk interaksi dengan unsur batuan (litosfer), unsur udara (atmosfer), dan unsur air (hidrosfer).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biosfer
Dalam praktiknya, kondisi atau pun keadaan biosfer dipengaruhi oleh beberapa macam faktor berikut :

Iklim
Faktor yang mempengaruhi biosfer yang pertama adalah faktor iklim. Iklim merupakan kondisi suhu dan juga kelembaba udara yang terjadi di suatu wilayah atau pun daerah tertentu dalam jangka waktu yang sangat panjang / lama. Pada dasarnya tidak semua makhluk hidup dapat tinggal di semua jenis iklim. Beberapa makhluk hidup hanya dapat tinggal di iklim trofis dan iklim subtrofis. Oleh karena itu, semakin panjang bentang iklim yang dimiliki oleh suatu lingkungan biosfer tertentu, maka semakin besar pula kemungkinan lingkungan tersebut untuk ditinggali organisme makhluk hidup.

Kondisi Geologi
Faktor kedua yang mempengaruhi kondisi biosfer adalah kondisi geologi. Kondisi geologi merupakan kondisi lingkungan fisik alam sekitar. Kondisi geologi mencakup berbagai macam hal seperti tingkat suhu lingkungan, keberadaan air, udara, dan berbagai macam faktor lainnya. Semakin lengkap kondisi geologi suatu lingkungan biosfer, maka semakin besar pula kemungkinan tempat tersebut untuk ditinggali oleh organisme makhluk hidup.

Ketinggian Tempat
Faktor ketiga yang mempengaruhi kondisi atau pun keadaan biosfer adalah ketinggian tempat. Ketinggian tempat memegang peranan penting terhadap kehidupan organisme makhluk hidup. Tidak semua organisme makhluk hidup dapat hidup di daerah – daerah yang tinggi. Bahkan, pada ketinggian tertentu, tidak ada satu organisme makhluk hidup pun yang dapat hidup. Oleh karena itu, untuk bisa ditinggali, lingkungan biosfer harus berada pada ketinggian yang wajar / sesuai dengan kebutuhan organisme makhluk hidup.

Faktor Biotik
Selain tiga faktor di atas, faktor terakhir yang turut mempengaruhi kondisi biosfer adalah faktor biotik. Faktor biotik merupakan faktor – faktor makhluk hidup yang mendukung kehidupan organisme makhluk hidup lainnya. Tanaman pohon misalnya, merupakan faktor biotik untuk berbagai macam organisme makhluk hidup lainnya seperti burung, tupai, bajing, manusia, bakteri, dan berbagai macam organisme makhluk hidup lainnya.

Semakin banyak faktor biotik yang ada dalam lingkungan biosfer tertentu, maka semakin besar pula kemungkinan tempat tersebut untuk dijadikan sebagai habitat atau pun tempat tinggal makhluk hidup.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian biosfer yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Biosfer Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.