Home » » Pengertian CPU, Fungsi CPU, Dan Beberapa Perusahaan Produsen CPU

Pengertian CPU, Fungsi CPU, Dan Beberapa Perusahaan Produsen CPU

Pengertian CPU – CPU merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam perangkat komputer. Tanpa kehadiran CPU, sebuah perangkat komputer tidak akan bisa digunakan sama sekali, meskipun semua perangkat lainnya (seperti mouse, keyboard, speaker, monitor, dll) sudah terpasang dengan baik. Sebaliknya, tanpa beberapa perangkat lainnya (seperti speaker, mouse, atau pun keyboard), sebuah perangkat komputer masih dapat digunakan selama di dalamnya ada perangkat CPU dan perangkat keras penting lainnya.

Bagi para akademisi dan praktisi dunia komputer, istilah CPU tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka, akan tetapi bagi orang – orang awam, terutama yang “GapTek”, istilah CPU tentunya bukanlah istilah yang familiar.

Nah, untuk Anda yang masih belum mengetahui arti CPU dan fungsi CPU, berikut merupakan informasi seputar CPU yang dapat Anda gunakan untuk belajar seputar CPU :

Definisi dan Pengertian CPU
CPU pada dasarnya merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang artinya unit pusat pemrosesan. Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian CPU adalah perangkat keras khusus yang bertugas untuk mengeksekusi atau pun memproses semua data yang ada pada perangkat komputer.

Fungsi CPU dalam Perangkat Komputer
Dalam perangkat komputer, CPU memiliki beberapa fungsi dasar sebagai berikut :

Melaksakanan proses logika dan arimatika data yang ada pada komputer;
Mengatur kerja perangkat keras dan perangkat lunak komputer;
Mempercepat proses pengolahan data pada perangkat komputer;
Memproses seluruh data yang ada dalam perangkat komputer.
Beberapa Perusahaan Produsen CPU

Intel
Intel merupakan perusahaan produsen CPU terbesar di dunia. Hingga saat ini, intel telah menghasilkan CPU untuk berbagai jenis perangkat komputer seperti komputer dekstop, notebook, netbook, perangkat mobile (seperti perangkat handphone dan komputer tablet), komputer server, dan beberapa perangkat komputer lainnya.

AMD
Berbeda dengan intel yang merambah pasar CPU komputer dan CPU mobile, AMD hingga saat ini (Tahun 2015) secara khusus hanya memproduksi perangkat CPU untuk komputer saja.

Qualcomm
Sama seperti AMD, Qualcomm juga hanya merambah di salah satu pasar CPU saja. Bedanya, jika AMD terfokus pada perangkat CPU untuk perangkat komputer, Qualcomm lebih terfokus pada perangkat CPU untuk perangkat mobile saja (seperti perangkat handphone dan komputer tablet). Hingga saat ini (Tahun 2015), Qualcomm masih merupakan produsen CPU mobile terbesar yang digunakan oleh hampir seluruh produsen smartphone (pada perangkat kelas Low- End dan Mid-End) di seluruh dunia.

Mediatek
Selain Qualcomm, perusahaan CPU mobile lainnya yang tidak kalah terkenal adalah Mediatek. Hingga saat ini (Tahun 2015), CPU buatan Mediatek juga banyak digunakan di perangkat – perangkat smartphone khususnya perangkat smartphone kelas Low-End (kelas bawah).

Nah, itulah pengertian CPU, fungsi CPU, dan beberapa perusahaan produsen CPU di dunia. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian CPU, Fungsi CPU, Dan Beberapa Perusahaan Produsen CPU Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.