Home » » Pengertian Desain Grafis Dan Beberapa Keterampilan Dasar Yang Ada Di Dalamnya

Pengertian Desain Grafis Dan Beberapa Keterampilan Dasar Yang Ada Di Dalamnya

Pengertian Desain Grafis – Istilah desain grafis memang merupakan istilah yang sangat jarang digunakan  dalam kegiatan sehari-hari, sehingga pengetahuan masyarakat mengenai istilah desain grafis menjadi sangat terbatas. Hingga saat ini, masih sedikit sekali orang-orang awam yang tahu apa itu arti kata desain grafis yang sebenarnya. Kebanyakan orang yang mengetahui arti kata desain grafis merupakan orang-orang yang memang bergerak di bidang desain grafis.

Lantas, apa sih sebenarnya desain grafis itu?

Definisi dan Pengertian Desain Grafis
Istilah desain grafis pada dasarnya terdiri dari dua kata dasar yaitu kata “desain” yang artinya merancang atau pun merencanakan, dan kata “grafis” yang dapat diartikan sebagai gambar atau pun tampak. Jika diartikan dari kada dasarnya, maka desain grafis adalah aktivitas perancangan gambar atau pun setiap benda yang tampak di mata.

Menurut Wikipedia, pengertian desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Desain grafis merupakan salah satu bagian dari komunikasi visual yang antar manusia.

Keterampilan dalam Desain Grafis
Setiap orang yang bergerak di bidang desain grafis, setidaknya harus menguasai seluruh atau pun sebagian dari keterampilan berikut ini :

Seni Visual
Keterampilan yang perlu diketahui oleh seorang desainer grafis adalah seni visual. Beberapa bagian seni visual yang perlu dipahami oleh seorang desainer grafis yaitu fotografi dan digital imaging.

Tipografi
Keterampilan kedua yang perlu diketahui oleh seorang desainer grafis adalah keterampilan tipografi. Keterampilan tipografi merupakan keterampilan dalam hal pengolaah kata atau pun huruf. Dalam dunia tipografi, seorang desainer grafis akan berhubungan dengan beberapa pengaturan seperti jenis huruf, ukuran huruf, kerning, leading, dan tracking.

Tata Letak
Keterampilan ketiga yang perlu diketahui oleh seorang desainer grafis adalah keterampilan menyusun tata letak. Keterampilan tata letak merupakan seni menyusun berbagai macam elemen yang ada pada sebuah halaman grafis, seperti gambar atau pun teks.

Desain Interaksi
Selain tiga keterampilan di atas, keterampilan lainnya yang juga dibutuhkan oleh seorang desainer grafis adalah keterampilan desain interaksi. Sebagai informasi, produk – produk keluaran / yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis nantinya akan disebarluaskan dan digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, setiap produk yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis harus benar – benar interaktif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian desain grafis yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Desain Grafis Dan Beberapa Keterampilan Dasar Yang Ada Di Dalamnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.