Home » » Pengertian Etika Profesi Dalam Suatu Pekerjaan

Pengertian Etika Profesi Dalam Suatu Pekerjaan

Memiliki dan menjalani suatu profesi merupakan pilihan setiap orang. Manusia berhak menentukan profesi mana yang akan ia tekuni dan geluti. Profesi tersebut bisa jadi sesuai atau tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan seseorang. Setiap profesi memiliki aturan tersendiri. Aturan yang berwujud etika profesi. Untuk itu penting bagi Anda memahami  pengertian etika profesi. Hal tersebut bertujuan agar Anda mengenali betul batas-batas profesi yang Anda jalani. Etika profesi akan membantu Anda untuk tetap menjalani profesi tanpa melanggar hukum. Berikut ini akan dibahas lebih mendalam mengenai etika profesi dan pengertiannya menurut para ahli. Gambaran pada artikel ini akan membuat pandangan Anda tentang etika profesi lebih terbuka dan meluas.

Pengertian Etika Profesi Secara Mendasar

Pengertian etika profesi menurut Kaiser adalah sikap hidup dalam bentuk keadilan. Sikap hidup tersebut diwujudkan untuk memberi pelayanan yang profesional terhadap masyarakat umum. Pelayanan wajib diberikan dengan penuh ketertiban serta keahlian sebagai bentuk pelaksanaan tugas terhadap masyarakat. Selain Kaiser, Anang Usman S.H., M.Si juga merupakan ahli lain yang mengutarakan definisi etika profesi. Menurutnya, etika profesi juga merupakan sikap untuk memenuhi pelayanan profesional yang dibutuhkan dengan aturan tertentu. Aturannya menuntut adanya keahlian dan keterlibatan dari profesional. Hal tersebut juga merupakan bentuk kewajiban dari profesional kepada anggota masyarakat di sekitarnya.
Pengertian etika profesi secara sederhana merupakan sikap etis. Sikap etis yang merupakan bagian dari sikap hidup sebagai pengemban profesi tertentu. Etika profesi mempelajari penerapan berbagai prinsip moral dasar atau norma etis pada bidang-bidang tertentu di kehidupan manusia (profesi). Etika profesi mempunyai konsep sebagai etika yang disepakati oleh suatu profesi dalam lingkup kerja tertentu. Karena sangat bergantung pada lingkup kerjanya, maka etika profesi satu dengan yang lain sifatnya berbeda. pelanggaran terhadap suatu etika profesi akan berujung pada ketegasan hukum. Sangat penting bagi Anda untuk memahami etika profesi sebelum mulai bergelut dengan suatu profesi. Selain konsekuensi hukum, pihak yang melanggar etika profesi juga seringkali mendapatkan sanksi sosial. Tanggung jawab dan bentuk implementasi kewajiban merupakan hal yang dijunjung tinggi oleh etika profesi.
Telah dijelaskan secara lugas mengenai pengertian etika profesi. Mayoritas pekerja baru seringkali mengabaikan atau menyepelekan etika profesi. Padahal hal ini merupakan fondasi bagi profesional dalam menjalankan profesinya. Menerapkan etika profesi secara tepat akan menumbuhkan reputasi yang baik bagi profesional. Di sisi lain juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada profesional secara personal, maupun satuan profesi secara umum. Satu saja anggota profesi yang melanggar etika profesi ini, maka seluruh elemen profesi tersebut akan terkena imbasnya. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengingatkan perihal etika profesi kepada sesama rekan kerja Anda.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Etika Profesi Dalam Suatu Pekerjaan Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.