Home » » Pengertian Identitas Nasional Dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Identitas Nasional Dan Unsur-Unsurnya

Pengertian identitas nasional secara sederhana adalah suatu jati diri yang menjadi ciri khas suatu bangsa. Jati diri ini bersifat khas yang artinya tidak dimiliki oleh bangsa lain di belahan dunia mana pun. Dalam hal ini, jati diri tidak mengacu pada individu saja, tetapi juga berkaitan dengan suatu kelompok atau organisasi tertentu. Jati diri harus dimiliki oleh setiap bangsa.

Pengertian Identitas Nasional oleh Ahli

Identitas Nasional harus diartikan secara terpisah untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh. Identitas berasal dari kata identitu yang berarti tanda-tanda, ciri-ciri, ataupun jadi diri yang melekat pada diri seseorang. Oleh karena itu, identitasnya akan berbeda dengan orang lain. Sementara kata nasional merujuk pada suatu hal yang menyeluruh dalam kelompok yang lebih besar. Kelompok-kelompok yang lebih besar ini diikat oleh beberapa kesamaan baik fisik maupun non fisik seperti agama, budaya, bahasa, dan cita-cita. Himpunan kelompok ini kemudian memiliki satu identitas bersama yang disebut dengan identitas nasional.
Seorang ahli memberikan pengertian identitas nasional sebagai sebuah kumpulan nilai-nilai budaya yang berkembang dan terus tumbuh dalam segala aspek kehidupan suatu bangsa dan negara. Keberagaman suku dan budaya ini dihimpun dalam satu wadah atau satu kesatuan bernama Indonesia sehingga menjadi sebuah kebudayaan nasional yang mengacu pada landasan negara Pancasila dan juga Bhinneka Tunggal Ika. Identitas nasional tidak muncul begitu saja dalam diri individu atau kelompok. Proses untuk memahami hati diri bangsa ini didapatkan secara bertahap melalui pemahaman individu atau kelompok atas bangsanya sendiri. Sikap mengenal bangsanya sendiri ini nantinya akan menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Unsur-unsur identitas nasional bangsa Indonesia dibentuk dalam beberapa hal, yaitu suku, agama, kebudayaan, dan bahasa. Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang akan membentuk suatu identitas nasional. Perbedaan suku bangsa harus bisa diselesaikan dengan bijak agar menjadi sebuah identitas bersama. Kebudayaan Indonesia juga terdiri dari berbagai macam budaya yang sangat unik dan filosofis. Keragaman budaya ini juga dijadikan sebagai identitas nasional. Masyarakat Indonesia yang sangat majemuk memang rentan akan konflik antarsuku yang akan memecah persatuan bangsa. Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan memahami pengertian identitas nasional. Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah landasan dasar yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.
Identitas Nasional hakikatnya tercermin dalam falsafah negara. Dalam menerapkannya, perlu pembiasaan yang harus mulai dibiasakan sedini mungkin. Semakin seseorang mengenal bangsanya, pengertian identitas nasional pun akan tertanam dengan baik dalam diri seseorang. Nilai-nilai budaya yang sangat beragam juga harus dipahami sebagai sebuah wujud identitas bangsa Indonesia yang majemuk. Demikian adalah penjelasan lengkap mengenai identitas nasional dan unsur-unsurnya. Sebagai warga negara yang baik, pemahaman tentang identitas nasional sebaiknya diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Identitas Nasional Dan Unsur-Unsurnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.