Home » » Pengertian Komunitas, Manfaat Komunitas, Dan Beberapa Pertimbangan Dalam Pembentukan Komunitas

Pengertian Komunitas, Manfaat Komunitas, Dan Beberapa Pertimbangan Dalam Pembentukan Komunitas

Pengertian Komunitas – Berbicara mengenai komunitas, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah kelompok atau pun perkumpulan tertentu. Ya, komunitas memang merupakan salah satu bentuk kelompok yang sengaja dibentuk dengan tujuan tertentu.

Pada dasarnya, hampir semua orang di dunia ini tergabung ke dalam komunitas tertentu. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang tergabung ke dalam komunitas, ternyata masih banyak orang yang tidak memahami arti kata komunitas yang sebenarnya. Kebanyakan orang-orang ini biasanya merupakan orang yang tidak aktif di dalam komunitas yang mereka ikuti.

Lantas apa sih sebenarnya komunitas itu?

Definisi dan Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli
Soenarno
Menurut Sonarno, komunitas merupakan sebuah identifikasi & interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

Hendro Puspito
Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari sekelompok individu yang menjalankan perannya masing-masing secara berkaitan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt
Menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt, komunitas merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi satu sama lainnya.

Manfaat Komunitas
Seperti halnya berbagai macam bentuk kelompok lainnya, pembentukan komunitas juga memiliki beberapa manfaat kepada para anggotanya, seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Media Penyebaran Informasi – manfaat yang pertama adalah sebagai media penyebaran informasi. Di komunitas, setiap anggota yang tergabung dapat saling bertukar informasi (baik membagikan atau pun menerima) yang terkait dengan tema komunitas yang terbentuk.
Terbentuk Jalinan/Hubungan – selain sebagai media penyebaran informasi, komunitas juga bermanfaat sebagai media untuk menjalin relasi/hubungan antar sesama anggota komunitas yang memiliki hobi atau pun berasal dari bidang yang sama.
Saling Bantu/Dukung – karena berasal dari bidang yang sama, komunitas dapat dijadikan sebagai media untuk kegiatan saling bantu antar sesama anggota komunitas atau pun ke luar anggota komunitas.
Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas
Dalam pembentukan komunitas, pemrakarsa komunitas sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

Anggota – anggora yang diajak untuk bergabung ke dalam sebuah komunitas hendaknya berasal dari bidang/minat yang sama.
Media Komunitas – untuk mendukung keberlangsungan komunitas, pemrakarsa komunitas sebaiknya mempertimbangkan media-media yang akan digunakan untuk melancarkan seluruh program kerja yang telah dibentuk di dalam komunitas.
Program Kerja dan Sumber Daya – agar komunitas tidak vakum, pemrakarsa komunitas harus mampu membentuk program kerja dan menemukan sumber daya untuk menjalankan program kerja tersebut.
Nah, itulah sedikit tulisan mengenai pengertian komunitas, manfaat komunitas, dan beberapa pertimbangan dalam pembentukan komunitas yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Komunitas, Manfaat Komunitas, Dan Beberapa Pertimbangan Dalam Pembentukan Komunitas Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.