Home » » Pengertian Manajemen Keuangan Secara Umum

Pengertian Manajemen Keuangan Secara Umum

Setiap lembaga maupun perusahaan pasti ada yang namanya manajemen keuangan. Manajemen keuangan sangat penting guna memantau dan melihat nilai dari sebuah lembaga maupun perusahaan. Pengertian terkait manajemen keuangan pun mulai mengalami perkembangan yang pengertian awalnya hanya berupa sebuah kegiatan untuk bisa memperoleh dana hingga kini pengertian manajemen keuangan diganti menjadi sebuah kegiatan yang mengutamakan memperoleh, menggunakan dana hingga mengelola aktiva. Menurut teori dari George R. Terry, manajemen keuangan memiliki 4 kegiatan yang dikenal dengan singkatan POAC yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling.
Setiap singkatan tersebut memiliki arti masing-masing dan sangat berperan penting bagi jalannya manajemen keuangan pada sebuah lembaga maupun perusahaan. Planning merupakan sebuah perencanaan dalam menyusun manajemen keuangan dan itu pun harus dilakukan beberapa pertimbangan. Organizing adalah melakukan pengorganisasian. Di dalam suatu perusahaan akan dibentuk sebuah bagan organisasi yang di dalamnya terdiri dari berbagai jabatan. Actuating adalah setiap perencanaan pengorganisasian harus direalisasikan dalam bentuk kerja keras dan kerjasama. Terakhir adalah Controlling, yang dimana manajemen keuangan perusahaan pasti memerlukan pengawasan. Pengawasan ini bertujuan agar seluruh keuangan perusahaan bisa tersusun dengan rapih. Secara umum memang kita sudah mengetahui pengertian dari manajemen keuangan, namun masih ada pengertian manajemen keuangan berdasarkan para ahli.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen keuangan masih bisa dibedakan lagi menurut para ahlinya. Setidaknya ada 5 ahli yang mengemukakan pengertian tentang manajemen keuangan. Pertama, yaitu Bambang Riyanto. Definisi manajemen menurutnya adalah sebuah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan suatu tindakan untuk bisa mendapatkan dana yang diperlukan sebuah perusahaan dengan biaya yang minim dan dengan syarat yang bisa menguntungkan agar usaha tersebut bisa berjalan seefektif mungkin. Selanjutnya ada dari James Van Horne yang menyatakan bahwa manajemen keuangan merupakan segala aktivitas perusahaan mulai dari perolehan, penggunaan dana hingga pengelolaan aktiva untuk tujuan menyeluruh.
Menurut Suad Husnan, manajemen keuangan merupakan manajemen berdasarkan dari fungsi-fungsi manajemen. Fungsi dari manajemen keuangan diantaranya adalah Keputusan Investasi, Fungsi Pendanaan dan Keputusan Deviden. Definisi manajemen keuangan menurut Grestenberg hampir sama dengan James Van Horne yaitu bagaimana sebuah perusahaan bisa memperoleh, menggunakan dananya hingga cara agar profit dari bisnis tersebut bisa terdistribusikan dengan baik.
Pengertian manajemen keuangan yang terakhir berasal dari Liefman yang menyatakan bahwa manajemen keuangan merupakan suatu usaha perusahaan agar bisa mendapatkan dana serta menggunakan dana tersebut hingga mengelola aktivasnya. Dalam menyusun manajemen keuangan tidak boleh asal, harus melewati beberapa prosedur yang telah ditetapkan. Maka itulah alasannya mengapa manajemen keuangan memerlukan prinsip POAC tujuannya adalah agar keuangan tersebut benar-benar bisa termanajemen secara benar dan bisa menguntungkan untuk perusahaan tersebut.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Manajemen Keuangan Secara Umum Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.