Home » » Pengertian Molekul Beserta Dengan Contohnya

Pengertian Molekul Beserta Dengan Contohnya

Ada cukup banyak para ahli yang mengemukakan pengertian molekul. Molekul dapat diartikan sebagai sekumpulan atau sekelompok atom yang saling berikatan satu sama lainnya dengan sangat kuat atau kovalen, bermuatan netral dan dalam susunan tertentu serta cukup stabil. Bagi Anda yang belum tahu, cabang ilmu yang secara khusus mempelajari molekul dikenal dengan sebutan fisika molekuler dan kimia molekuler.
Perbedaan nama cabang ilmu ini memang tergantung dari fokus kajian ilmu pengetahuan itu sendiri. Fisika molekuler kebanyakan mempelajari tentang hukum yang mengatur sifat-sifat molekul dan struktur molekul. Sementara kimia molekuler cenderung lebih fokus pada hukum yang mengatur tentang interaksi antar setiap molekul. Meskipun memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara molekul fisika dengan kimia, keduanya adalah cabang ilmu yang sangat bermanfaat untuk bidang pengetahuan. Molekul sendiri dibagi menjadi dua golongan yakni molekul senyawa dan molekul unsur. Berikut ini akan diulas terkait pengertian dari molekul berdasarkan golongannya.

Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-jenisnya 

  1. Molekul unsur
Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk atau berasal dari hasil kombinasi unsur atau atom yang satu jenis. Pengertian molekul unsur pada intinya adalah molekul yang terdiri dari satu jenis atom atau unsur saja. Dan ternyata, penamaan molekul unsur sendiri saling berkaitan dengan jumlah unsur penggabung yang digunakan. Molekul unsur terdiri dari beberapa bagian yaitu dwiatom,  triatom, tetraatom dan lain –lainnya berdasarkan jumlah unsur yang dimiliki. Contoh molekul unsur adalah O2 (Oksigen), N2 (Nitrogen), P4 (Posfor), H2 (Hidrogen) dan lain sebagainya.
  1. Molekul senyawa
Lain halnya dengan molekul unsur, pengertian molekul senyawa sendiri adalah molekul yang terbentuk dari beberapa unsur atau atom. Definisi molekul senyawa lainnya adalah molekul yang dihasilkan dari penggabungan unsur atau atom dengan jenis yang berbeda. Jika penamaan molekul unsur sangat sederhana karena terdiri dari banyaknya unsur atau atom yang digunakan. Penamaan molekul senyawa sedikit lebih rumit karena terdiri dari beberapa unsur berbeda yang dijadikan satu. Contoh dari molekul senyawa diantaranya adalah CO2 atau Karbon Dioksida. Sekedar informasi, CO2 merupakan gabungan dari satu atom karbon dengan dua atom oksigen. H2O (air)  juga merupakan salah satu contoh dari molekul senyawa karena terdiri dari gabungan antara dua atom Hidrogen dengan satu atom oksigen. Tak hanya dihasilkan dari gabungan dua unsur, molekul senyawa juga bisa dihasilkan dari 3, 4 atau lebih unsur. Misalnya adalah CO(NH2)2 atau Urea yang berasal dari gabungan antara satu atom karbon, dua atom Nitrogen, satu atom oksigen serta empat atom hidrogen yang kemudian dikenal dengan nama urea.
Sudah jelas bukan pengertian dari masing-masing golongan molekul tersebut? Demikian ulasan mengenai pengertian molekul beserta contohnya, semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Molekul Beserta Dengan Contohnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.