Home » » Pengertian Pengangguran Dan Macam – Macam Pengangguran

Pengertian Pengangguran Dan Macam – Macam Pengangguran

Pengertian Pengangguran – Pengangguran merupakan salah satu permasalahan besar yang sering terjadi di sebuah negara. Istilah pengangguran merujuk kepada ketidakmampuan pemerintah dalam menyediakan lowongan pekerjaan untuk setiap penduduk yang ada dalam jangkauan pemerintahannya.

Fenomena pengangguran terjadi sebagai dampak ketimpangan antara jumlah angkatan kerja dengan jumlah kesempatan kerja (lowongan pekerjaan). Fenomena pengangguran hanya terjadi ketika jumlah angkatan kerja yang ada pada suatu negara jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah kesempatan kerja / lowongan kerja yang ada dalam negara tersebut. Dampaknya, sebagian angkatan kerja menjadi tidak dapat bekerja dan terpaksa menganggur untuk sementara waktu / hingga tersedia lowongan pekerjaan tambahan yang baru dan yang sesuai dengan kualifikasi yang dimilikinya.

Definisi dan Pengertian Pengangguran
Istilah pengangguran pada dasarnya berasal dari kata “menganggur” yang artinya tidak melakukan apa pun sama sekali. Jika diartikan dari asal katanya maka arti kata pengangguran adalah setiap orang yang tidak melakukan apa pun sama sekali di bidang pekerjaan (setiap kegiatan yang menghasilkan uang).

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian pengangguran adalah setiap orang yang masuk ke dalam usia atau pun angkatan kerja (yaitu berada di rentang usia 15 tahun hingga 64 tahun) yang sedang mencoba untuk mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya.

Jika dipahami dari penjelasan di atas, maka orang – orang yang termasuk ke dalam kategori pengangguran hanyalah orang – orang yang mau dan mampu melaksanakan pekerjaan. Orang – orang yang tidak mau atau pun tidak mampu bekerja baik karena alasan usia atau pun rasa malas tidak dapat dikategorikan sebagai seorang pengangguran.

Macam – macam Pengangguran
Secara umum, pengangguran dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu :

Pengangguran Friksional
Pengangguran friksional merupakan setiap pengangguran yang hanya menganggur sementara yang diakibatkan adanya batasan / kendala tertentu (dapat berupa waktu, informasi, atau pun batasan jarak geografis).

Pengangguran Struktural
Pengangguran struktural merupakan setiap pengangguran yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan atau pun kualifikasi tenaga kerja sehingga perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tidak menerimanya sebagai tenaga kerja.

Pengangguran Musiman
Pengangguran musiman merupakan setiap pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan oleh terjadinya fluktuasi kegiatan ekonomi perusahaan dalam jangka waktu pendek, yang menyebabkan perusahaan tempat pengangguran biasa bekerja harus menghentikan aktivitas produksi untuk sementara. Salah satu contoh pengangguran ini adalah diberhentikannya tenaga kerja permanen padi pada musim tanam.

Pengangguran Siklikal
Pengangguran siklikal merupakan setiap pengangguran yang disebabkan oleh imbas kondisi ekonomi yang berlangsung, yang menyebabkan ketersediaan lowongan pekerjaan tidak sesuai (jauh lebih rendah) dengan ketersediaan tenaga kerja. Kebanyakan pengangguran yang ada pada negara – negara miskin dan negara berkembang biasanya termasuk ke dalam jenis pengangguran ini.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai pengertian pengangguran dan macam – macam pengangguran yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Pengangguran Dan Macam – Macam Pengangguran Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.