Home » » Pengertian Poster, Tujuan Pemuatan Poster Dan Macam-Macam Poster

Pengertian Poster, Tujuan Pemuatan Poster Dan Macam-Macam Poster

Pengertian Poster – Siapa sih yang tidak mengenal poster? Mayoritas orang di dunia pasti  pernah melihat poster, baik itu poster promosi, poster layanan masyarakat, poster himbauan pemerintah dan poster-poster lainnya. Namun jika ditanya apa itu defenisi poster, masih banyak orang yang tidak dapat menjelaskannya.

Lantas apa sih sebenarnya poster itu?

Definisi dan Pengertian Poster
Pengertian poster adalah media berbentuk gambar atau pun tulisan dua dimensi yang digunakan untuk mempublikasikan informasi atau pun himbauan tertentu kepada masyarakat umum/khalayak ramai. Poster biasanya mengandung gambar dan juga kata-kata yang isinya merupakan informasi atau pun himbauan yang ditempelkan di daerah-daerah sekitar publik yang dituju.

Tujuan Pembuatan Poster
Tujuan pembuatan poster pada dasarnya berbeda-beda dan sangat tergantung dengan orang atau pun organisasi yang membuatnya. Meskipun begitu, jika digeneralisasi, secara umum tujuan pembuatan poster adalah untuk mempublikasikan informasi atau pun himbauan tertentu kepada khalayak ramai.

Macam-macam Poster
Macam – macam Poster Menurut Isinya

Poster Niaga – Poster niaga merupakan poster yang isinya adalah informasi yang mempromosikan penjualan suatu produk / jasa tertentu.
Poster Pendidikan – Poster pendidikan merupakan poster yang berisi informasi tentang berbagai macam aktivitas atau pun pengumuman yang berkaitan dengan pendidikan.
Poster Layanan Masyarakat – Poster layanan masyarakat merupakan poster yang isinya merupakan informasi pelayanan atau pun himbauan yang ditujukan untuk masyarakat.
Poster Kegiatan – Poster kegiatan merupakan poster yang isinya merupakan informasi mengenai berbagai macam kegiatan.
Macam – macam Poster Menurut Tujuannya

Poster Kampanye – Poster kampanye merupakan poster yang sengaja dibuat dengan tujuan mengkampanyekan berbagai macam hal tertentu (orang, acara / kegiatan, benda, dll)
Poster Cheesecake – Poster cheesecake merupakan poster yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian masyarakat / publik.
Poster Komik – Poster komik merupakan poster yang ditujukan untuk mempromosikan sebuah komik tertentu.
Poster Riset – Poster riset merupakan poster yang tujuan pembuatannya adalah untuk mempublikasikan hasil riset tertentu.
Poster Komersial – Poster komersial merupakan poster yang dibuat dengan tujuan aktivitas komersial seperti iklan atau pun promosi produk atau pun layanan tertentu.
Poster Kelas – Poster kelas merupakan poster yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi siswa yang ada di dalam kelas sekolah.
Poster Afirmasi – Poster afirmasi merupakan poster yang sengaja dibuat untuk meningkatkan motivasi pembacanya.
Poster Film – Poster film merupakan poster yang dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu film tertentu.
Poster Wanted – Poster wanted merupakan poster yang tujuan pembuatannya adalah untuk menginformasikan kehilangan orang atau pun pencarian orang hilang.
Poster Propaganda – Poster propaganda merupakan poster yang tujuan pembuatannya adalah untuk menyemangati para pembacanya.
Demikianlah tulisan yang berisi mengenai pengertian poster ini. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Poster, Tujuan Pemuatan Poster Dan Macam-Macam Poster Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.