Home » » Pengertian Resume Lamaran Kerja

Pengertian Resume Lamaran Kerja

Bagi Anda yang hendak melamar suatu pekerjaan, tentu perlu menyiapkan beberapa dokumen penting termasuk resume. Lalu apa sebenarnya pengertian resume? Resume sering dikenal dengan sebutan riwayat hidup. Dalam pembuatan resume tidak boleh asal-asalan karena mempengaruhi penilaian setiap orang tentang pribadi seseorang. Resume sendiri bisa dikatakan sebagai presentase dalam menjual keahlian dan kemampuan seseorang. Sebab pada resume, terdapat latar belakang, kemampuan, kualifikasi, pengalaman kerja, organisasi, dan keahlian yang dapat menunjang suatu ke pekerjaan sehingga Anda dapat diterima saat melamar kerja. Resume harus dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk mengajak Anda bergabung dengan perusahaannya. Dalam membuat resume, format dan tulisan yang ada di dalamnya harus disusun dengan rapi agar mudah dipahami oleh setiap orang.

Pengertian Resume Secara Harfiah
Pengertian resume secara umum adalah suatu data dokumen yang di dalamnya berisi perjalanan karir dan kualifikasi seseorang. Data tersebut tersusun dengan teratur dan rapi agar dapat menarik perhatian pembacanya. Dari resume diharapkan bahwa pemilik atau pemimpin suatu perusahaan maupun organisasi mengetahui kemampuan pemilik resume meskipun belum pernah sekalipun bertemu.

Istilah resume berasal dari bahasa Perancis yang berarti ringkasan. Sehingga bisa dikatakan bahwa resume adalah ringkasan tentang kelayakan Anda. Resume seharusnya dapat menerangkan tentang kualifikasi seseorang mulai dari latar belakang hingga personaliti yang dimiliki. Disamping itu, pengalaman professional, skill serta pendidikan yang dimiliki juga harus dimasukkan ke dalam resume agar orang yang membacanya tertarik dengan spesifikasi Anda.

Secara harfiah resume memiliki pengertian lain yakni sebuah riwayat singkat atau catatan singkat. Selain sering dipergunakan sebagai salah satu dokumen penting saat melamar pekerjaan, resume juga biasa digunakan dalam pertemuan bisnis sebagai catatan ringkas hasil pembicaraan yang dilakukan selama pertemuan mulai dari awal hingga akhir. Biasanya resume ini sering juga disebut sebagai catatan penting dari suatu kegiatan yang sedang atau sudah terlaksana.

Pengertian resume dalam dunia kerja sebenarnya hampir serupa dengan Curriculum Vitae (CV). Perbedaan istilah yang ada di setiap negara saja yang membuat istilah resume dengan CV menjadi berbeda. Di Amerika, ringkasan data riwayat hidup ini dikenal dengan nama resume. Sementara di berbagai negara termasuk Eropa menggunakan istilah CV untuk menjelaskan personaliti seseorang. Umumnya, isi CV lebih banyak dibandingkan dengan resume.

Resume cukup mempengaruhi seseorang yang sedang melamar pekerjaan diterima atau tidak untuk masuk pada tahapan selanjutnya. Resume yang baik akan membuat Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima. Resume yang dikatakan baik harus memenuhi empat hal penting seperti kesederhanaan, kerapian, keakuratan dan juga kejujuran.

Demikian ulasan mengenai pengertian resume lamaran kerja. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda yang masih bingung terkait apa itu resume.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Resume Lamaran Kerja Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.