Home » » Pengertian Router Dan Fungsinya Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Router Dan Fungsinya Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Router – Istilah router sering kali digunakan di dalam dunia jaringan komputer. Ya, router memang merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan komputer yang luas. Dengan router, sebuah jaringan komputer dapat dihubungkan dengan jaringan komputer lainnya sehingga cakupan jaringan komputer dapat diperlebar / diperluas.

Bagi orang – orang yang berasal dari dunia jaringan komputer, istilah router tentunya bukanlah istilah yang asing atau pun aneh, akan tetapi bagi kebanyakan orang awam istilah router tentunya bukan lah istilah yang familiar. Hal ini dikarenakan istilah router memang sangat jarang digunakan dalam aktivitas sehari – hari, sehingga wajar saja jika orang awam tidak mengetahuinya.

Lantas apa sih sebenarnya pengertian router itu?

Definisi dan Pengertian Router
Istilah router pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris yaitu kata “Route” yang artinya “trayek” atau pun “mengarahkan perjalanan melalui” yang ditambahi dengan imbuhan “er” yang maknanya pelaku. Sehingga, jika diartikan dari asal katanya, maka router dapat diartikan sebagai sebuah perangkat yang digunakan untuk mengarahkan signal pada jaringan komputer.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian router merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyebarkan atau pun membagikan signal. Sebuah perangkat router bertugas untuk menangkap, menguatkan, dan membagikan signal

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer
Pada dasarnya fungsi router hampir sama dengan fungsi switch yaitu sebagai perangkat penghubung dalam jaringan komputer. Bedanya, perangkat switch digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer yang ada pada satu jaringan komputer, sedangkan perangkat router digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya.

Jenis – jenis Router

Router Aplikasi
Pengertian router aplikasi adalah sebuah aplikasi (software) yang digunakan untuk menanamkan kemampuan perangkat router pada perangkat komputer biasa. Beberapa contoh router aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer yaitu WinGate, Winroute, SpyGate, WinProxy, dan lain – lain.

Router Hardware
Router hardware merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki kemampuan dasar untuk menangkap dan menyebarkan signal. Router hardware biasanya lebih dikenal dengan isitilah router saja. Berbeda dengan router aplikasi yang tidak memiliki bentuk fisik sama sekali, router hardware memiliki bentuk fisik yang nyata layaknya perangkat keras lainnya.

Router PC
Router PC merupakan sebuah perangkat personal komputer biasa yang dimodifikasi sehingga dapat dipakai untuk menyebarkan signal layaknya sebuah router. Router PC dapat dibuat dari perangkat komputer berspesifikasi rendah sekalipun (min spec. Pentium dua, hard drive 10 GB dengan ram 64 mb). Untuk menjadikan perangkat komputer menjadi sebuah router, perangkat komputer perlu diinstal sistem operasi khusus router seperti salah satunya sistem operasi Mikrotik.

Jadi sudah tahu kan apa itu pengertian router dan apa saja fungsi router dalam jaringan komputer?
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Router Dan Fungsinya Dalam Jaringan Komputer Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.