Home » » Pengertian Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya – Berbicara mengenai seni budaya, hal yang pertama kali muncul di benak penulis adalah batik. Ya, batik merupakan salah satu karya seni budaya yang kita (bangsa Indonesia) miliki sejak beberapa ratus tahun yang lalu dan tetap bermanfaat serta digunakan hingga saat ini. Bahkan, hasil karya seni budaya Indonesia yang satu ini telah digunakan sebagai identitas / ciri khas negara Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara – negara lainnya.

Istilah seni budaya sendiri biasanya banyak digunakan di dunia seni. Bagi seorang seniman atau pun akademisi di bidang seni, istilah seni budaya tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka, akan tetapi bagi orang – orang awam, istilah ini tentunya merupakan istilah yang agak asing dan cukup jarang terdengar.

Lantas apa sih sebenarnya seni budaya itu?

Istilah seni budaya pada dasarnya merupakan sebuah frasa kata yang berasal dari kata “seni” dan kata “budaya”. Kata seni sendiri berasa dari bahasa sanskerta yaitu kata sani (pemujaan, persembahan, pelayanan) yang sering kali diartikan sebagai setiap hal yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menghadirkan unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Sedangkan kata budaya berasal dari kata buddhayah (bahasa sanskerta), yang artinya budi / akal yang digunakan oleh manusia dan diturunkan secara berkelanjutan.

Jika diartikan dari asal frasa katanya, maka seni budaya merupakan setiap karya seni yang sengaja dibuat dengan berlandaskan kepada akal / budi yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat, yang digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli
Berikut merupakan beberapa arti istilah seni budaya yang coba diungkapkan / diutarakan oleh para ahli :

M. Thoyibi
Menurut M. Thoyibi, seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

Harry Sulastianto
Menurut Harry Sulastianto, pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide – ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

Sartono Kartodirdjo
Menurut Sartono Kartodirdjo, seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalu satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya.

Ida Bagus Putu Perwita
Menurut Ida Bagus Putu Perwita, pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.

Itulah beberapa pengertian seni budaya menurut para ahli yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Seni Budaya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.