Home » » Pengertian Sistem Informasi Manajemen Dan Fungsinya Dalam Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Dan Fungsinya Dalam Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen – Informasi merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada dalam setiap aktivitas manusia. Dalam dunia manajemen misalnya, sistem informasi memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan manajemen perusahaan / organisasi. Tanpa sistem informasi yang baik, aktivitas pada sebuah perusahaan / organisasi tidak akan berjalan dengan efektif. Aktivitas yang dijalankan bisa saja tidak kontinue atau saling tumpang tindih pelaksananya. Ketika hal ini telah terjadi, maka dapat dipastikan perusahaan / organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan efektif dan tujuan perusahaan pun tidak akan tercapai.

Sangking pentingnya sistem informasi dalam sebuah perusahaan / organisasi, perusahaan / organisasi biasanya membuat tim khusus yang bertindak sebagai pengurus atau pun pengelola sistem informasi manajemen dalam perusahaan / organisasi milik mereka. Dengan keberadaan tim ini, diharapkan aktivitas penangkapan dan penyebaran informasi dapat berjalan dengan lebih akurat dan lebih efektif.

Definisi dan Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Jika diartikan secara singkat, sistem informasi manajemen merupakan sistem informasi yang digunakan di dalam aktivitas manajemen organisasi atau pun perusahaan. Sistem informasi manajemen biasanya dijalankan oleh tim khusus yang bertugas menerima dan membagikan data dari dan ke para pihak yang membutuhkan data di dalam perusahaan.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang dibangun secara khusus dalam proses pengumpulan dan penyaluran data di dalam manajemen sebuah perusahaan / organisasi. Sistem informasi manajemen dapat digambarkan seperti sebuah bangunan piramida yang lapisan – lapisannya terdiri dari informasi (lapisan paling dasar), sumber informasi (lapisan kedua), sumber daya sistem informasi pengambil keputusan (lapisan ketiga), dan sumber daya sistem informasi perumus kebijakan organisasi / manajemen (lapisan puncak / lapisan teratas). Seluruh lapisan – lapisan ini bekerja saling terkait dan saling ketergantungan satu sama lainnya, sehingga ketika satu lapisan bermasalah, maka sistem informasi manajemen akan terganggu dan tidak dapat berjalan dengan optimal.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Berikut merupakan beberapa fungsi dasar sistem informasi manajemen bagi para penggunanya:

Mempercepat tingkat aksesibelitas data sehingga data yang dibutuhkan dapat tersaji secara tepat waktu dan juga tepat sasaran.
Menjamin ketersediaan dan juga kualitas data yang disajikan.
Mempermudah pengembangan aktivitas perencanaan manajemen.
Memperbaiki produktivitas manajemen dalam penyajian informasi.
Menghemat biaya penyajian informasi dalam perusahaan.
Sebagai bahan pertimbangan berbagai macam pengambilan keputusan.
Sebagai antisipator terjadinya konsekuensi ekonomis sistem informasi yang baru.
Sebagai aset perusahaan yang tidak ternilai harganya (untuk organisasi perusahaan).
Nah, itulah pengertian sistem informasi manajemen beserta dengan beberapa fungsinya. Semoga Bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Sistem Informasi Manajemen Dan Fungsinya Dalam Manajemen Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.