Home » » Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

Anda pasti sudah kenal dengan namanya wifi. Disetiap tempat sekarang ini sudah banyak yang memfasilitasi wifi. Bahkan sekarang sudah banyak sekolah yang menyediakan fasilitas wifi gratis untuk muridnya. Tujuannya adalah tentu agar mereka bisa mengakses semua informasi terkait pelajaran yang ada di internet. Sekarang jamannya sudah canggih, kita bisa mendapat ilmu pengetahuan melalui internet maka dari itu wifi sangatlah bermanfaat. Pengertian wifi sendiri merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity yang artinya sebuah media penghantar data tanpa kabel yang bisa berfungsi sebagai alat komunikasi, mengunduh atau mengupload data dengan tingkat kecepatan yang cukup tinggi. Hanya saja tingkat kecepatan tiap daerah bahkan negara cukup berbeda-beda dan bisa dikatakan wifi di Indonesia masih cukup lamban dibanding negara Asia lainnya.
Kelebihan, Kekurangan serta Cara Kerja dari Wifi
Selama ini kita hanya menggunakan wifi tanpa memikirkan bagaimana cara kerja dari wifi tersebut. Cara kerja wifi sedikit bisa diambil dari pengertian wifi yang dimana bahwa jaringan wifi sama seperti ponsel yang menggunakan gelombang radio untuk bisa menghantarkan informasi. Komputer atau ponsel yang hendak terhubung oleh wifi harus memiliki adaptor nirkabel yang berguna untuk menerjemahkan data informasi yang dibawa oleh gelombang radio. Sinyal radio ini akan dikirim lewat antena untuk diterima oleh router. Setelah data diterjemahkan maka data tersebut akan tersambung ke internet melalui koneksi kabel ethernet.
Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian wifi bahwa wifi merupakan alat untuk mengunduh atau mengupload data, ternyata wifi juga memiliki fungsi yang tidak hanya sekedar itu saja. Wifi juga bisa digunakan sebagai jaringan tanpa kabel. Pada awalnya memang wifi hanya bisa digunakan untuk jaringan lokal saja namun seiring dengan perkembangan teknologi, wifi kini telah bisa digunakan untuk internet. Mungkin bila Anda sedang berada di tempat umum akan lebih memilih menggunakan wifi daripada harus menggunakan kuota. Dengan menggunakan wifi, Anda bisa lebih bebas browsing tanpa perlu khawatir data internet akan habis. Jadi bila di sekolah atau kampus Anda memfasilitasi wifi maka manfaatkanlah sebaik mungkin dan tentunya gunakan untuk hal positif.
Wifi pun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh wifi antara lain adalah dengan menggunakan wifi kita lebih praktis karena penggunaannya bisa berpindah-pindah tempat. Kedua, hampir semua perangkat teknologi sudah support dengan jaringan wifi. Kekurangannya adalah keamanan data yang harus lebih diperhatikan. Kedua, sinyal. Sekalipun Anda bisa bebas bergerak namun perhatikan jangkauan wifinya karena semakin jauh jangkauannya maka semakin lamban pula koneksinya. Itulah tadi penjelasan singkat tentang pengertian wifi, cara kerjanya hingga kelebihan dan kekurangan dari wifi. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa lebih paham tentang wifi.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.