Home » » Pengertian ASEAN dan Sejarah Berdirinya ASEAN

Pengertian ASEAN dan Sejarah Berdirinya ASEAN

Pengertian ASEAN – Berbicara mengenai ASEAN, hal pertama hadir di benak penulis adalah masalah organisasi antar negara. Istilah ASEAN sering kali kita dengar atau pun baca di buku – buku mata pelajaran sejarah dan ekonomi. Selain itu, istilah ini juga kerap muncul di beberapa pemberitaan yang dilakukan di media – media seperti koran, radio, televisi, dan internet.

Lantas apa sih sebenarnya ASEAN itu? ASEAN merupakan organisasi perserikatan negara yang mewadahi beberapa negara yang ada di Benua Asia bagian Tenggara.

Definisi dan Pengertian ASEAN
Pada dasarnya ASEAN merupakan singkatan dari frasa kata Assosiation of South – East Asian Nations. Frasa kata ASEAN berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah perhimpunan bangsa – bangsa Asia Tenggara. Jadi, pengertian ASEAN merupakan organisasi resmi yang beranggotakan negara – negara yang ada di bagian tenggara Benua Asia.

Sederhananya, ASEAN merupakan versi kecil dari organisasi Perserikatan Bangsa – Bangsa. Jika Perserikatan Bangsa – Bangsa cakupan anggotanya adalah seluruh dunia, maka ASEAN cakupan anggotanya adalah daerah Benua Asia bagian Tenggara saja.

Pendirian ASEAN sebagai perserikatan negara sendiri dimaksudkan sebagai bentuk kerja sama untuk dapat meningkatkan pendidikan, ekonomi, kemajuan sosial, serta pertumbuhan ekonomi negara – negara anggotanya. Dalam proses pencapaian tujuan ini, negara – negara anggota ASEAN akan saling bekerja sama dalam berbagai macam bidang dengan harapan dapat saling menguatkan dan mengembangkan kemampuan secara bersama – sama.

Sejarah Berdirinya ASEAN

ASEAN didirikan pada Tanggal 8 Agustus Tahun 1967 di Bangkok, Thailand. Pendirian ASEAN di Bangkok diprakarsai oleh 5 orang wakil negara anggota ASEAN pertama yaitu Adam Malik (Negara Indonesia), Tuan Abdul Razak (Negara Malaysia), Thanan Khoman (Negara Thailand), S. Rajaratman (Negara Singapura), dan Narciso R. Ramos (Negara Filiphina).

Sejak pertama kali didirikan, hingga saat ini, ASEAN telah beranggotakan10 Negara, dengan 5 negara tambahan yaitu Brunei Darussalam (bergabung sejak Tanggal 7 Januari 1984), Vietnam (bergabung sejak 28 Juli 1995), Laos (bergabung sejak 23 Juli 1997), Mnyanmar (bergabung sejak 23 Juli 1997), dan Kamboja (bergabung sejak 16 Desember 1998).

Deklarasi Bangkok

Ketika ASEAN dibentuk pada Tanggal 8 Agustus, 5 negara Anggota ASEAN pada saat ini turut mencetuskan Deklarasi Bangkok yang isinya berlaku bagi seluruh Anggota ASEAN. Isi deklarasi Bankok sendiri adalah sebagai berikut :

Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkebangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
Meningkatkan kerjasama dan saling membantu kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
Memelihara kerja sama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional.
Meningkatkan kerjasama untuk memanjukan pendidikan, latihan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.
Itulah pengertian ASEAN dan sejarah berdirinya ASEAN. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian ASEAN dan Sejarah Berdirinya ASEAN Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.