Home » » Pengertian Atmosfer dan Beberapa Lapisan Atmosfer

Pengertian Atmosfer dan Beberapa Lapisan Atmosfer

Pengertian Atmosfer – Jika diperdengarkan kata atmosfer maka yang terngiang di benak penulis pertama kali adalah lapisan selimut bumi. Ya, atmosfer memang merupakan lapisan – lapisan yang ada di luar angkasa yang berfungsi sebagai pelindung atau pun selimut bagi bumi dari berbagai macam benda asing yang ada di luar angkasa.

Istilah atmosfer biasanya banyak digunakan oleh para akademisi dan praktisi di bidang ilmu fisika dan juga geografi. Bagi para pelaku di dua bidang ini, istilah atmosfer tentunya bukanlah istilah yang aneh atau asing di telinga mereka. Akan tetapi, untuk beberapa golongan orang tertentu, istilah atmosfer tentunya bukanlah istilah yang ramah / familiar di telinga. Lantas apa sih sebenarnya atmosfer itu?

Definisi dan Pengertian Atmosfer
Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengertian atmosfer adalah lapisan selimut bumi yang ada di udara. Lapisan atmosfer yang ada pada selimut bumi berfungsi sebagai pelindung sekaligus penghambat berbagai macam benda – benda asing yang berasal dari luar angkasa. Selain itu, atmosfer biasanya juga mempengaruhi cuaca dan iklim yang berlangsung di bumi.

Menurut para ahli, atmosfer dapat diartikan sebagai lapisan udara yang menyelimuti bumi dengan tingkat ketebalan hingga mencapai 1000 km dari permukaan terluar bumi.

Beberapa Lapisan yang Ada pada Atmosfer
Troposfer
Trofoster merupakan lapisan atmosfer yang paling dekat dengan bumi. Jarak lapisan troposfer dengan permukaan bumi adalah sekitar 0 hingga 8 km. Di lapisan troposfer, setiap kenaikan ketinggian 100 meter akan terjadi penurunan suhu sekitar 0,5o C.

Stratosfer
Stratosfer merupakan lapisan atmosfer terdekat kedua setelah lapisan troposfer. Jarak lapisan stratosfer dengan permukaan bumi adalah sekitar 8 hingga 50 km. Pada lapisan ini, suhu udara dapat meningkat hingga mencapai 55 0C.

Mesosfer
Lapisan atmosfer terdekat ketiga dari permukaan bumi adalah lapisan mesosfer. Jarak lapisan mesosfer dari permukaan bumi adalah sekitar 50 hingga 80 km. Pada lapisan ini, suhu udara biasanya menurun hingga mencapai -73 0C.

Termosfer
Lapisan atmosfer berikutnya setelah lapisan mesosfer adalah lapisan termosfer. Jarak lapisan termosfer dengan permukaan bumi adalah sekitar 82 hingga 800 km. Pada lapisan termosfer, atom – atom yang ada di udara biasanya mengalami ionisasi secara terus menerus. Dampaknya, setiap gelombang radio yang melintasi lapisan ini akan terpental kembali ke bumi. Pemantulan ini sendiri hingga saat ini terus digunakan sebagai media proses komunikasi melalui satelit yang dilakukan di bumi.

Eksosfer
Lapisan atmosfer yang terakhir sekaligus yang paling jauh dari permukaan bumi adalah lapisan eksosfer. Jarak lapisan eksosfer dengan permukaan bumi diprediksikan sekitar 800 km. Batasan terluar lapisan ini sendiri hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Yang pasti, lapisan eksosfer merupakan lapisan teluar sekaligus lapisan terpanas yang ada di ruang antar planet.

Demikianlah artikel mengenai pengertian Atmosfer beserta dengan beberapa lapisannya yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Atmosfer dan Beberapa Lapisan Atmosfer Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.