Home » » Pengertian Browser dan Beberapa Contoh Browser Populer

Pengertian Browser dan Beberapa Contoh Browser Populer

Pengertian Browser – Setiap orang yang pernah terhubung ke jaringan internet melalui perangkat komputer pasti pernah menggunakan browser. Ya, browser memang merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet untuk melakukan berbagai macam aktivitas penjelajahan. Kegunaan browser sebagai alat untuk menjelajah internet hingga saat ini masih belum bisa digantikan dengan aplikasi apa pun.

Meskipun kebanyakan orang sudah pernah menggunakan browser, akan tetapi ternyata masih banyak pengguna internet yang tidak mengetahui arti kata browser itu sendiri. Dari sekian banyak pengguna internet, ternyata hanya sebagian kecilnya saja yang mengetahui defenisi browser yang sebenarnya.

Lantas apa sih sebenarnya browser itu?

Definisi dan Pengertian Browser
Istilah browser pada dasarnya berasal dari kata berbahasa Inggris yaitu kata “browse” yang artinya menjelajah. Jika diartikan dari asal katanya, maka browser dapat diartikan sebagai tools atau pun aplikasi yang digunakan untuk menjelajah di internet.

Menurut Patar Tambunan, pengertian browser adalah tools, atau pun aplikasi yang dipakai untuk membuka atau pun mejelajah halaman internet baik yang berupa gambar, suara, text, video, dan dokumen – dokumen web lainnya. Istilah browser sering juga disebut dengan istilah peramban.

Beberapa Contoh Browser Populer
Berikut merupakan tiga browser yang paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna internet di dunia :

Mozilla Firefox
Mozilla Firefox merupakan browser kedua terbanyak digunakan di dunia setelah Google Crome. Browser ini merupakan browser rakitan yayasan Mozilla yang dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Berbeda dengan kebanyakan browser buatan perusahaan lainnya, browser buatan yayasan Mozilla ini merupakan browser open source, sehingga bebas digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja.

Google Crome
Google crome merupakan aplikasi peramban yang saat ini (2015) merupakan aplikasi peramban yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Aplikasi peramban Google Crome merupakan aplikasi buatan perusahaan raksasa internet Google. Dibandingkan dengan browser – browser lainnya, Google Crome cenderung memiliki tampilan yang sangat sederhana, namun sangat fungsional dan user friendly. Selain itu, Browser buatan Google ini juga terkenal dengan kecepatan aksesnya yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mesin peramban lainnya.

Safari Browser
Safari Browser merupakan peramban internet buatan perusahaan raksasa Apple inc. Browser ini pada awalnya hanya dibuat khusus untuk perangkat – perangkat komputer yang berbasis sistem operasi Mac. Namun, seiring berjalannya waktu, browser ini terus dikembangkan dan hingga saat ini telah bisa digunakan di berbagai flatform sistem operasi seperti salah satunya sistem operasi Windows.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian browser beserta dengan beberapa contonya yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Browser dan Beberapa Contoh Browser Populer Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.