Home » » Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Humas – Humas pada dasarnya merupakan singkatan dari frasa kata ‘Hubungan Masyarakat’. Frasa kata hubungan masyarakat sendiri berasal dari Bahasa Inggris yaitu dari kata ‘Public Relations’. Jika diartikan secara singkat, maka humas adalah salah bagian organisasi yang memiliki fungsi menjalin hubungan, interaksi, dan kerja sama organisasi dengan pihak masyarakat yang berkaitan dengan organisasi tersebut.

Pengertian Humas Menurut Para Ahli dan Lembaga Humas Dunia
The Public Relations Society of America
Menurut The Public Relations Society of America, Humas merupakan usaha yang dilakukan oleh organisasi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan sekelompok orang, membantu organisasi melaksanakan interaksi yang efektif, serta melakukan aktivitas komunikasi dengan publik utama.

International Public Relations Association (IPRA)
Menurut International Public Relation Association, pengertian humas adalah sebuah fungsi manajemen yang terencana dan berkelanjutan, organisasi induk dan lembaga swasta atau publik yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian, simpati, dan dukungan dari pihak – pihak terkait atau yang memiliki hubungan dengan penelitian opini publik di antara mereka.

Public Relation World Conference
Menurut Public Relation World Conference, humas adalah gabungan seni dan ilmu yang dipakai untuk memprediksi kecendrungan, memperkirakan konsekuensi, memberikan masukan kepada pimpinan organisasi, serta melaksanakan rencana kegiatan yang telah direncanakan untuk memberikan pelayanan pada kepentingan publik dan organisasi induknya.

The British Institute of Public Relation
Menurut The British Institute of Public Relation, pengertian humas adalah usaha terencana dan berkesinambungan yang dilaksanakan untuk membina dan memelihara itikad baik atau pun pengertian bersama di lapisan organisasi dengan masyarakatnya.

Public Relations News
Menurut Public Relations News, humas merupakan salah satu fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedural individual / organisasi yang memiliki kepentingan publik, serta membuat perencanaan dan melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman dan penerimaan publik.

Scott M. Cutlip & Allen H. Center
Menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center, humas merupakan fungsi manajemen yang:

Menilai sikap publik
Mengidentifikasi kebijakan dan tata cara organisasi / perorangan dalam melayani kepentingan publik
Membuat perencanaan serta melaksanakan program kegiatan untuk mendapatkan pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publik
J.C Seidel
Menurut J.C Sidel, humas adalah proses berkesinambungan dari usaha – usaha manajemen untuk bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umum.

Cultip, Center, & Broom
Menurut Cultip, Center, & Broom, humas merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik yang dapat memberikan pengaruh terhadap kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.

Itulah beberapa pengertian humas yang coba diutarakan oleh para ahli humas di dunia. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.