Home » » Pengertian Intervensi dan Beberapa Jenisnya

Pengertian Intervensi dan Beberapa Jenisnya

Pengertian Intervensi – Berbicara mengenai intervensi, hal pertama yang langsung muncul di benak penulis adalah Negara Amerika Serikat. Ya, Negara Amerika Serikat memang sangat terkenal dengan kebiasaannya mengintervensi negara – negara lainnya yang lebih lemah.

Istilah intervensi merujuk kepada aktivitas pengendalian atau pun mempengaruhi negara lainnya dengan tujuan menciptakan “keadilan” atau pun mendapatkan keuntungan dari negara lain yang diintervensi.

Intervensi sendiri biasanya dilakukan oleh negara – negara besar yang memiliki kekuasaan atau pun lembaga – lembaga dunia yang berpengaruh terhadap negara – negara yang mengalami konflik atau pun negara – negara yang lemah.

Definisi dan Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli
Parry & Grant
Menurut Parry & Grant, intervensi merupakan turut campurnya sebuah negara secara diktator terhadap negara lain yang tujuannya adalah untuk menjaga atau pun mengubah kondisi aktual tertentu.

Lauterpach
Menurut Lauterpach, pengertian intervensi adalah campur tangan sebuah negara secara diktator terhadap urusan dalam negeri negara lain dengan tujuan utama untuk memelihara atau pun untuk mengubah kondisi, situasi, atau pun barang yang ada di negara tersebut.

Black’s Law Dictionary
Menurut Black’s Law Dictionary, intervensi merupakan ikut campur tangannya suatu negara dalam urusan negara lain dengan memanfaatkan kekuatan atau pun ancaman yang dimilikinya.

Beberapa Jenis Intervensi
Intervensi Berdasarkan Jangkauannya
Menurut jangkauannya, intervensi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

Intervensi Internal – intervensi internal merupakan campur tangan negara lain untuk membela kelompok tertentu dalam rangka aktivitas pemberontakan atas pemerintahan yang sedang memimpin.
Intervensi Eksternal – intervensi eksternal merupakan campur tangan negara lain atas perang yang sudah terjadi pada dua negara dengan maksud mendamaikan atau pun membela salah satu negara yang terlibat perang.
Intervensi Reprisal – pengertian intervensi reprisal adalah intervensi yang dilakukan dengan tujuan membalas kerugian yang diderita oleh negara lain dengan cara mengadakan perang kecil atau pun blockade.
Intervensi Berdasarkan Dampaknya
Menurut dampaknya, intervensi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

Intervensi Positif – intervensi positif merupakan intervensi yang dilakukan oleh negara lain atau pun lembaga dunia yang bertujuan untuk menegakkan keadilan atau pun hak asasi manusia. Salah satu lembaga yang sering melakukan intervensi positif yaitu PBB.
Intervensi Negatif – intervensi negatif merupakan intervensi yang dilakukan oleh negara lain dengan memanfaatkan produk – produk internasional yang biasanya dilakukan oleh negara – negara maju dan negara berkembang terhadap negara – negara berkembang lainnya, negara miskin atau pun negara tertinggal. Contoh intervensi negatif yaitu intervensi negara China ke negara – negara yang ada di daerah Asia Tenggara.
Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian intervensi dan beberapa jenis intervensi yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Intervensi dan Beberapa Jenisnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.