Home » » Pengertian Kepribadian dan Jenis-jenis Kepribadian Manusia

Pengertian Kepribadian dan Jenis-jenis Kepribadian Manusia

Pengertian Kepribadian – Dalam kehidupan sehari – hari, istilah kepribadian seiring kali disamakan dengan kata sikap, sifat, atau pun kebiasaan. Padahal jika ditelisik lebih dalam lagi, istilah – istilah ini tidaklah sama dan sangat jauh berbeda satu sama lainnya.

Lantas apa sih sebenarnya kepribadian itu? Kepribadian merupakan pola atau pun bentuk tingkah laku manusia yang dilandaskan atas sikap dan sifat seseorang. Selain pengertian ini, berikut merupakan beberapa pengertian kata kepribadian yang coba diutarakan oleh para ahli:

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli
M.A.W. Brower
Menurut M.A.W Brower, kepribadian merupakan corak tingkah laku sosial yang terdiri dari carak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap – sikap seseorang.

John F. Cuber
Menurut John F. Cuber, pengertian kepribadian adalah keseluruhan sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.

Gordon W. Allport
Menurut Gordon W. Allport, kepribadian merupakan organisasi sistem jiwa raga yang dinamis dalam diri individu yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya.

Theodore M. Newcomb
Menurut Theodore M. Newcomb, pengertian kepribadian adalah organisasi sikap – sikap (predispositions) yang dipunyai seseorang sebagai latar belakang pemiliknya.

J. Milton Yinger
Menurut J. Milton Yinger, kepribadian merupakan keseluruhan bentuk perilaku seseorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu dengan berinteraksi dengan serangkaian situasi.

Jenis – jenis Kepribadian Manusia
Secara umum, kepribadian manusia dapat digolongkan ke dalam tiga kepribadian dasar yaitu:

Introvert
Jenis kepribadian yang pertama adalah introvert. Orang – orang yang berkepribadian introvert biasanya memiliki ciri – ciri dasar seperti penyendiri, pemikir, pendiam, pemalu, sulit bergaul, lebih suka bekerja sendiri, suka berimajinasi, lebih suka diam, suka dengan kegiatan tenang (seperti membaca, menulis, atau pun memancing), dan cenderung lebih berhati – hati dalam berbicara (berpikir sebelum berbicara).

Extrovert
Jenis kepribadian yang kedua adalah extrovert. Kepribadian extrovert merupakan kebalikan dari kepribadian introvert. Ciri – ciri dasar orang yang berkepribadian extrovert yaitu : aktif, percaya diri, terbuka, suka berkumpul atau pun suka dengan keramaian, cenderung mudah bergaul, suka berbicara terlebih dahulu baru kemudian berpikir, lebih suka bercerita dibandingkan mendengarkan cerita orang lain, dan cenderung lebih suka beraktivitas di keramaian.

Ambievert
Jenis kepribadian yang ketiga adalah ambievert. Kepribadian ambievert merupakan kepribadian yang dapat berubah – ubah, bergantung dengan situasi atau pun mood. Di satu waktu tertentu, seorang ambievert dapat menjadi seorang introvert, namun di waktu lainnya seoran ambievert dapat berubah menjadi seorang extrovert. Jika dibandingkan dengan dua kepribadian yang lainnya, jenis kepribadian ambievert cenderung dapat dikatakan lebih baik, karena dapat menyesuaikan / fleksibel dengan keadaan / kondisi yang terjadi.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian kepribadian beserta dengan jenis – jenisnya yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Kepribadian dan Jenis-jenis Kepribadian Manusia Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.