Home » » Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Olahraga – Hampir semua orang di dunia pasti pernah mendengar dan pernah melakukan aktivitas olahraga. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang pernah mendengar atau pun pernah melakukan aktivitas ini, hanya sedikit orang yang memahami dan mengerti arti kata olahraga. Kebanyakan orang biasanya hanya mengartikan olahraga berupa kegiatan yang sengaja dilakukan untuk bisa meningkatkan atau pun menjaga kesehatan tubuh / fisik. Padahal jika ditelisik lebih jauh, arti kata olahraga tidak lah sesederhana itu.

Lantas apa sih olahraga itu? Istilah olahraga pada dasarnya berasal dari dua kata berbahasa Indonesia yaitu kata olah yang artinya penempaan dan kata tubuh yang artinya anggota badan manusia. Jika diartikan dari asal katanya, maka olahraga dapat diartikan sebagai aktivitas penempaan yang dilakukan pada bagian – bagian yang ada pada tubuh baik fisik maupun psikis atau pun mental.

Definisi dan Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli
Berikut merupakan beberapa defenisi olah raga yang coba diungkapkan oleh para ahli :

Edward
Menurut Edward, olahraga harus dilakukan dengan spontan dari mulai konsep bermain, games, dan sport.

Dewan Olah Raga Eropa
Menurut Dewan Olah Raga Eropa, pengertian olahraga adalah setiap aktivitas spontan, bebas, yang dilaksanakan dalam waktu luang.

Suryanto Rukmono, S. Si
Menurut Suryanto Rukomono, S. Si, olahraga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat, baik secara jasmaniah maupun secara rohaniah.

Jessica Dolland
Menurut Jessica Dolland, olahraga merupakan media pereda stress yang terbaik yang pernah ada. Olahraga dapat mengalihkan pikiran manusia dari rasa khawatir dengan jalan meredakan berbagai ketegangan otot yang ada pada tubuh.

Hans Tandra
Menurut Hans Tandra, olahraga merupakan setiap gerakan tubuh yang teratur dan berirama yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran tubuh pelakunya.

Cholik Mutoir
Menurut Cholik Mutoir, pengertian olahraga adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi – potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat. Olah raga dapat berupa permainan, pertandingan, serta prestasi puncak di dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila.

Seno Gumira Ajidarma
Menurut Seno Gumira Ajidarma, olahraga merupakan sarana atau pun ajang kompetisi untuk menjadi nomor satu.

Kathryn Marsden
Menurut Kathryn Marsden, olahraga merupakan salah satu sarana pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia.

Wikipedia
Menurut Wikipedia, olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, baik secara jasmani atau pun rohaniah / kejiwaan (contohnya olah raga catur).

Itulah beberapa pengertian olahraga yang coba diungkapkan oleh para ahli. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.