Home » » Pengertian Pengetahuan dan Tingkatan Pengetahuan

Pengertian Pengetahuan dan Tingkatan Pengetahuan

Pengertian Pengetahuan – Berbicara mengenai kata pengetahuan, hal yang pertama kali diingat oleh penulis adalah buku. Ya, buku merupakan salah satu sumber pengetahuan yang paling tua dan paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Bahkan, di era atau pun zaman modern saat ini, buku masih digunakan sebagai salah satu sumber pengetahuan terbesar di dunia pendidikan.

Lantas apa sih sebenarnya arti kata pengetahuan itu?

Definisi dan Pengertian Pengetahuan
Istilah pengetahuan pada dasarnya berasal dari kata ‘tahu’ yang artinya mengerti, sehingga jika diartikan dari arti kata asalnya, maka pengertian pengetahuan adalah hal – hal atau pun bidang – bidang yang dimengerti. Pengetahuan biasanya baru didapatkan setelah seseorang mengerti atau pun mengetahui sesuatu hal. Tanpa mengerti, maka tidak ada kata pengetahuan.

Tingkatan Pengetahuan
Dalam praktiknya, pengetahuan dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan atau pun level. Beberapa level urutan pengetahuan adalah sebagai berikut :

Tahu
Tingkat pengetahuan yang pertama adalah tahu. Dalam tingkat pengetahuan ini, seseorang hanya sekedar mengingat materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Orang yang hanya sekedar tahu biasanya belum bisa mengajarkan apa yang diketahuinya kepada orang lain (jika bisa, maka proses pengajaran tidak akan berjalan dengan efektif).

Paham
Tingkat pengetahuan yang kedua adalah paham. Tingkat pengetahuan paham dapat diartikan sebagai tingkat pengetahuan yang sudah dapat digunakan untuk menjelaskan apa yang diketahui dengan benar. Meskipun begitu, dalam tingkatan pengetahuan ini, orang yang paham biasanya belum bisa mengaplikasikan apa yang dipahaminya di permasalahan yang sesungguhnya (di dunia nyata).

Aplikasi
Tingkat pengetahuan yang ketiga adalah aplikasi. Tingkat pengetahuan aplikasi merupakan tingkat pengetahuan yang sudah dapat digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata.

Analisa
Tingkat pengetahuan yang keempat adalah analisa. Tingkat pengetahuan analisa merupakan tingkat pengetahuan yang sudah bisa digunakan untuk sekedar membuat  gambaran materi atau pun objek dalam sebuah komponen yang masih terkait dengan apa yang diketahuainya. Orang yang sudah sampai pada tingkatan pengetahuan ini biasanya disebut dengan istilah analisator.

Sintesis
Tingkat pengetahuan yang kelima adalah sintesis. Dalam tingkat pengetahuan ini, seseorang sudah dapat menghubungkan berbagai macam bentuk pengetahuanyang dimilikinya menjadi satu bentuk pengetahuan yang baru. Orang yang sudah mencapai tingkat pengetahuan ini biasanya diberi label peneliti atau pun pemikir.

Evaluasi
Tingkat pengetahuan yang terakhir sekaligus yang paling tinggi adalah evaluasi. Dalam tingkat pengetahuan ini, seseorang sudah dapat melaksanakan identifikasi permasahan atau pun penilaian terhadap materi atau pun objek tertentu yang dilandaskan dengan menggunakan kriteria – kriteria yang ada. Jika seseorang sudah mencapai tingkat pengetahuan yang satu ini, maka orang tersebut dapat digolongkan ke dalam seorang ahli atau pun seorang expert.

Jadi sudah tahu kan apa itu pengertian pengetahuan dan apa saja tingkatan pengetahuan?
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Pengetahuan dan Tingkatan Pengetahuan Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.