Home » » Pengertian Biologi dan Dasar-dasar Ilmu Biologi Modern

Pengertian Biologi dan Dasar-dasar Ilmu Biologi Modern

Pengertian Biologi – Biologi merupakan salah satu konsentrasi pelajaran dalam cakupan ilmu pengetahuan alam. Dalam cakupan ilmu pengetahuan alam, biologi berperan sebagai ilmu alam yang khusus mempelajari segala sesuatu mengenai makhluk hidup. Kedudukan biologi dalam ilmu pengetahuan alam sendiri, setara dengan kedudukan ilmu alam lainnya seperti ilmu fisika dan ilmu kimia.

Definisi dan Pengertian Biologi
Pada dasarnya kata biologi berasal dari Bahasa Yunani yaitu kata Bios yang artinya kehidupan, dan logos atau logia yang artinya ilmu. Jadi jika diartikan dari asal kata pembentuknya, biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Sedangkan jika diartikan secara lengkap, maka pengertian biologi adalah ilmu alam yang difokuskan untuk mempelajari kehidupan serta organisme hidup yang ada di alam.

Dasar-dasar Ilmu Biologi Modern
Ilmu biologi modern yang saat ini kita kenal pada dasarnya dibentuk dari beberapa teori atau pun kajian ilmu biologi berikut ini :

Teori Sel
Dasar ilmu biologi modern yang pertama adalah teori mengenai sel. Teori sel merupakan ilmu yang mempelajari seluk beluk kehidupan. Menurut teori sel, sel merupakan satuan dasar kehidupan, dan setiap makhluk hidup yang ada di dunia berasal dari satu atau pun beberapa macam sel yang disekresikan.

Teori Evolusi
Dasar ilmu biologi modern yang kedua adalah teori evolusi. Teori evolusi mencakup sebuah konsep penting yang berguna bagi kehidupan manusia. Menurut teori evolusi, setiap organisme di bumi, baik yang masih hidup atau pun yang telah mati / punah, pada dasarnya berasal dari satu nenek moyang atau pun lungkang gen yang sama.

Teori Genetika
Teori ketiga yang juga dijadikan sebagai dasar ilmu biologi modern adalah teori genetika. Menurut teori ini, setiap gen yang dimiliki oleh satu makhluk hidup merupakan hasil turunan dari gen yang dimiliki oleh makhluk hidup pendahulunya (keluarga atau pun orang tuanya).

Teori Homeostasis
Dasar teori ilmu biologi modern yang keempat adalah teori homeostatis. Teori homeostatis merupakan teori yang menerangkan kemampuan sebuah sistem terbuka dalam melakukan aktivitas regulasi stabilitas lingkungan dengan jalan penyesuaian keseimbangan dinamika yang diatur oleh mekanisme regulasi yang terkait.

Teori Energi
Dasar teori ilmu biologi modern yang terakhir adalah teori energi. Teori energi merupakan salah satu teori yang memiliki peranan sangat besar terhadap perkembangan ilmu biologi modern. Menurut teori ini, keberlangsungan atau pun kehidupan setiap organisme selalu bergantung kepada masukan energi yang dilakukan secara terus menerus. Tanpa pasokan energi yang memadai, suatu organisme tidak akan mampu bertahan hidup.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian biologi dan dasar-dasar ilmu biologi yang digunakan pada biologi modern. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Biologi dan Dasar-dasar Ilmu Biologi Modern Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.