Home » » Pengertian Cuaca dan Unsur-unsur yang Mempengaruhinya

Pengertian Cuaca dan Unsur-unsur yang Mempengaruhinya

Pengertian Cuaca – Mayoritas orang yang ada di dunia pasti telah mengenal istilah cuaca. Cuaca merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena alam. Cuaca biasanya dijadikan sebagai salah satu patokan dalam berbagai macam aktivitas manusia seperti waktu bercocok tanam, waktu liburan (pada beberapa negara tertentu), waktu panen, dan berbagai macam aktivitas lainnya.

Laporan ramalan cuaca suatu daerah biasanya diumumkan oleh BMKG melalui siaran televisi. Peramalan cuaca biasanya dilakukan dengan memperhatikan beberapa unsur – unsur yang mempengarhi cuaca seperti suhu, tekanan udara, angin, curah hujan, dan kelembaban udara.

Definisi dan Pengertian Cuaca
Pengertian cuaca adalah keadaan atau pun kondisi udara yang terjadi pada wilayah tertentu (yang relatif sempit) dalam jangka waktu yang relatif singkat. Cuaca juga dapat diartikan sebagai keadaan udara harian di wilayah tertentu yang relatif sempit.

Perlu Anda ketahui, cuaca sangat jauh berbeda dengan iklim. Cuaca biasanya hanya berlangsung dalam jangka waktu yang relatif singkat, sedangkan iklim berlangsung dalam jangka waktu yang panjang atau pun menetap.

Unsur – unsur yang Mempengaruhi Cuaca
Kondisi cuaca suatu wilayah dipengaruhi oleh beberapa unsur alam berikut ini :

Suhu / Temperatur
Unsur utama yang mempengaruhi cuaca suatu daerah adalah suhu atau pun temperatur. Suhu atau pun temperatur merupakan tingkat kepanasan udara yang terjadi pada suatu wilayah tertentu. Suhu udara biasanya diukur dengan menggunakan alat pengukur suhu yaitu thermometer.

Kelembaban Udara
Unsur kedua yang mempengaruhi cuaca suatu daerah adalah kelembaban udara. Kelembaban udara suatu wilayah merupakan ukuran tingkat atau pun jumlah uap air yang ada pada udara pada satu waktu tertentu. Pengukuran kelembaban udara biasanya dilakukan dengan menggunakan Hidrometer.

Hujan / Curah Hujan
Unsur ketiga yang juga memiliki pengaruh besar terhadap cuaca adalah curah hujan. Semakin tinggi curah hujan suatu wilayah maka semakin rendah pula cuaca di wilayah tersebut.

Curah hujan sendiri, merupakan intensitas terjadinya hujan di satu wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu.

Tekanan Udara
Unsur keempat yang mempengaruhi cuaca suatu daerah adalah tekanan udara. Tekanan udara merukana sebuah gaya yang timbul sebagai dampak beratnya lapisan udara. Tekanan udara biasanya diukur dengan menggunakan Barometer.

Angin
Selain empat unsur di atas, unsur terakhir yang turut mempengaruhi cuaca suatu daerah adalah unsur angin. Angin merupakan istilah yang digunakan untuk  menggambarkan udara yang bergerak. Pergerakan angin biasanya terjadi dari daerah yang bertekanan tinggi menuju ke daerah yang bertekanan rendah. Pengukurang intensitas angin biasanya dilakukan dengan menggunakan skala beaufort dan dengan menggunakan alat Anemometer.

Itulah pengertian cuaca dan beberapa unsur yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Cuaca dan Unsur-unsur yang Mempengaruhinya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.