Home » » Pengertian Neraca dalam Berbagai Bidang

Pengertian Neraca dalam Berbagai Bidang

Pengertian Neraca – Orang – orang yang bergerak di dunia akuntansi atau pun keuangan perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Istilah neraca memang merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Neraca biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi entitas keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi tertentu.

Selain digunakan dalam dunia akuntansi, istilah neraca juga digunakan dalam beberapa bidang lainnya seperti bidang fisika dan juga bidang hukum. Di bidang fisika, istilah neraca digunakan sebagai nama salah satu alat pengukuran, sedangkan di bidang hukum, istilah neraca digunakan sebagai simbol keadilan hukum atau pun ketidak berpihakan penegakan hukum.

Definisi dan Pengertian Neraca secara General
Jika diartikan secara singkat, neraca merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan posisi yang seimbang. Sedangkan jika diartikan secara luas, maka pengertian neraca adalah simbol yang digunakan untuk menggambarkan keseimbangan, keadilan, dan juga kondisi yang tidak memihak.

Definisi Neraca dalam Berbagai Bidang
Istilah neraca pada dasarnya memiliki banyak sekali arti, dan arti kata neraca akan sangat bergantung dengan letak penggunaannya. Nah, beberapa bidang yang biasanya menggunakan istilah akuntansi adalah sebagai berikut :

Dunia Akuntansi

Dalam dunia akuntansi, neraca merupakan salah satu bagian laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan entitas pada akhir sebuah priode akuntansi tertentu. Neraca di dunia akuntansi biasanya mengandung setidaknya tiga unsur laporan keuangan yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas. Ketiga unsur laporan keuangan ini biasanya dihubungkan dengan menggunakan sebuah persamaan akuntansi yaitu : aset = liabilitas + ekuitas.

Laporan keuangan neraca biasanya digunakan untu menggambarkan posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan yang digunakan untuk mendapatkan kekayaan entitas tersebut dalam satu periode akuntansi tertentu (bergantung kepada panjang periode akuntansi yang digunakan).

Dunia Hukum

Dalam dunia hukum, neraca merupakan salah satu simbol yang digunakan untuk menggambarkan keadilan atau pun ketidaktimpangan penegakan hukum. Berbeda dengan istilah neraca dalam dunia akuntansi yang memang nyata berbentuk laporan fisik, neraca dalam dunia hukum hanyalah digunakan sebagai simbol belaka tanpa adanya bentuk fisik tertentu.

Dunia Fisika

Dalam dunia fisika, neraca merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menimbang atau pun mengukur bobot benda. Dalam kehidupan sehari – hari, neraca yang ada di dunia fisika sering juga disebut dengan istilah timbangan. Neraca dalam dunia fisika sendiri terdiri dari beberapa bentuk neraca seperti neraca duduk (timbangan duduk), neraca gantung(timbangan gantung), dan berbagai bentuk neraca lainnya.

Itulah beberapa pengertian neraca dalam berbagai bidang. Jadi sudah tahu kan apa itu arti kata neraca dan bidang – bidang apa saja yang menggunakan istilah kata ini?
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Neraca dalam Berbagai Bidang Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.