Home » » Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Pemerintahan – Setiap orang yang tergabung sebagai anggota sebuah negara pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pemerintahan. Istilah pemerintahan sering kali digunakan dalam berbagai pelajaran atau pun informasi-informasi yang terkait dengan kepentingan rakyat dan kepentingan negara.

Jika diartikan secara singkat, pemerintahan merupakan ilmu yang difokuskan untuk mempelajari teknis pengelolaan sebuah negara agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga seluruh kepentingan dan kebutuhan rakyat dapat terpenuhi dengan baik. Pemerintahan biasanya tersusun atas empat elemen penting yaitu elemen legislatif, yudikatif, eksekutif, dan juga elemen rakyat. Tanpa empat elemen ini, sebuah pemerintahan tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli
H. A. Brasz
Menurut H. A. Brasz, Pemerintahan merupakan ilmu yang mempelajari teknis atau pun cara lembaga umum disusun dan difungsikan dengan baik secara intern dan ekstern terhadap warga negaranya.

R. Mac Iver
Menurut R. Mac Iver, pengertian pemerintahan adalah suatu ilmu mengenai cara bagaimana orang-orang dapat diperintah atau pun dikendalikan.

Syafie Inu Kencana
Menurut Syafie Inu Kencana, pemerintahan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara melakukan pengurusan badan eksekutif. Pengaturan badan legislatif, kepemimpinan, dan juga koordinasi pemerintahan baik pusat dengan daerah, mau pun rakyat dengan pemerintahannya dalam setiap peristiwa dan gejala pemerintahan.

J. S. T. Simorangkir
Menurut J. S. T. Simorangkir, pemerintahan merupakan sebuah alat negara yang menjalankan tugas dan fungsi dari pemerintah.

Haryanto, dkk
Menurut Haryanto, dll, pengertian pemerintahan secara fungsional merupakan sistem struktur dan organsasional dari berbagai macam fungsi yang dijalankan dengan menerapkan dasar tertentu dalam mencapai tujuan sebuah negara.

C. F. Strong
Menurut C. F. Strong, pemerintahan dalam arti luas merupakan setiap aktivitas badan-badan publik yang terdiri dari aktivitas-aktivitas atau pun kegiatan eksekutif, legislatif, dan yuridis dalam upaya mencapai tujuan sebuah negara. Dalam arti yang sempit, C. F. Strong mengungkapkan jika pemerintahan merupakan setiap bentuk aktivitas kegiatan badan publik dan hanya terdiri dari badan eksekutif.

W. S. Sayre
Menurut W. S. Sayre, pemerintahan merupakan sebuah organisasi negara yang menjalankan kekuasaannya terhadap rakyat di negara tersebut.

M. Kusnardi
Menurut M. Kusnardi, pemerintahan dapat diartikan sebagai urusan-urusan yang dilakukan oleh sebuah negara dalam menyelenggarakan kesejahteraan rakyat atau pun warga yang dimilikinya dengan jalan memenuhi kepentingan rakyatnya serta menjalankan dan melaksanakan fungsi eksekutif, legislatif, dan yudikatif secara baik dan benar.

U. Rosenal
Menurut U. Rosenal, pemerintahan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari cara petunjuk kerja ekstern dan intern struktur dan juga proses pemerintahan secara global.

Itulah beberapa pengertian pemerintahan menurut para ahli yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.