Home » » Pengertian Prosedur dan Aturan-aturan yang Melekat di Dalamnya

Pengertian Prosedur dan Aturan-aturan yang Melekat di Dalamnya

Pengertian Prosedur – Dalam berbagai aktivitas, manusia sering kali dihadapkan dengan berbagai macam prosedur atau pun tata laksana pelaksanaan / penggunaan. Dalam menggunakan komputer misalnya, kita perlu mentaati prosedur operasional komputer yang berlaku. Tanpa mengikuti prosedur yang berlaku, komputer yang kita gunakan tidak akan bisa dioperasionalkan dengan baik sehingga apa yang kita butuhkan dari komputer tidak akan bisa kita dapatkan.

Lantas apa sih sebenarnya prosedur itu? Jika diartikan secara sederhana, prosedur merupakan seperangkat peraturan atau pun tata laksana dari sebuah aktivitas atau pun kegiatan tertentu.

Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli
Gerald Cole
Menurut Gerald Cole, prosedur merupakan sebuah urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang ditata untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan.

Kamaruddin
Menurut Kamaruddin, pengertian prosedur adalah suatu susunan teratur atas sebuah kegiatan yang berkaitan satu sama lainnya. Setiap prosedur biasanya sengaja dibuat untuk memudahkan aktivitas atau pun kegiatan utama yang dijalankan oleh perusahaan.

Amin Widjaya
Menurut Amin Widjaya, prosedur merupakan sekumpulan bagian yang saling terkait dan berhubungan satu sama lainnya.

Ismail Masya
Menurut Ismail Masya, prosedur merupakan suatu rangkaian tugas – tugas yang saling terkait dan diatur dengan urutan dan tata cara tertentu, yang sengaja dibuat / direncanakan untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan yang dikerjakan secara berulang – ulang.

M. Ali
Menurut M. Ali, pengertian prosedur adalah setiap tata cara yang digunakan pada suatu pekerjaan.

Narko
Menurut Narko, prosedur merupakan serangkaian titik rutin yang diikuti dalam pelasanaan wewenang fungsi dan operasional.

Fauzi
Menurut Fauzi, prosedur merupakan urutan pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi.

Mulyadi
Menurut mulyadi, prosedur dapat diartikan sebagai urutan kegiatan klerikal yang normalnya selalu melibatkan beberapa orang di dalam sebuah organisasi. Prosedur biasanya sengaja dibuat untuk menjamin kesamaan penanganan seuatu transaksi ataupun aktivitas perusahaan yang dilaksanakan berulang – ulang.

Aturan – aturan Formal dalam Prosedur

Dalam pelaksanaan prosedur, ada beberapa aturan formal yang harus ditaati, yaitu :


  1. Prosedur harus dijalankan sesuai dengan struktur, maksud, dan ruang lingkup kegiatan.
  2. Prosedur harus diterangkan oleh seorang penanggung jawab
  3. Prosedur harus dijalankan dengan menggunakan acuan berupa dokumen – dokumen terkait
  4. Prosedur harus diaplikasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan, alat, dan juga dokumen yang sesuai
  5. Prosedur harus dilengkapi dengan informasi atau pun catatan pengendalian
  6. Prosedur harus dilengkapi dengan lampiran – lampiran yang sesuai
  7. Prosedur harus dikontrol dengan menggunakan dokumentasi atau pun rekaman penjalanan prosedur.

Itulah beberapa pengertian prosedur yang diungkapkan oleh beberapa ahli beserta beberapa aturan yang melekat di dalamnya. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Prosedur dan Aturan-aturan yang Melekat di Dalamnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.