Home » » Pengertian Rokok dan Jenis-jenisnya

Pengertian Rokok dan Jenis-jenisnya

Pengertian Rokok – Mayoritas orang di dunia pasti mengenal kata rokok. Ya, benda yang satu ini memang cukup populer dan digemari oleh para pecandunya. Padahal rokok mengandung banyak sekali zat kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh orang menghisapnya. Sangking berbahayanya rokok bagi kesehatan, di setiap bungkus kemasan rokok bahkan dibuat slogan ‘rokok membunuhmu’ untuk menghimbau bahaya rokok kepada para penghisap rokok.

Definisi dan Pengertian Rokok
Rokok merupakan sebuah benda berbentuk silinder berisi daun tembakau yang telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang dikonsumsi untuk memberikan efek tertentu bagi penggunanya. Rokok biasanya memiliki ukuran panjang sekitar10 hingga 12 cm dengan diameter sekitar 0,7 hingga 1 cm. Ukuran dan diameter rokok biasanya sangat bergantung kepada jenis dan juga negara pembuat rokok.

Menurut Wikipedia, Pengertian rokok adalah batang silinder yang dibuat menggunakan kertas yang diisi dengan menggunakan daun tembakau dan bahan-bahan lainnya yang memiliki ukuran diameter sekitar 10 mm dan ukuran panjang sekitar 70 hingga 120 mm.

Rokok dikonsumsi dengan jalan dibakar dan dihisap melalui mulut. Jika ditelisik dengan seksama, maka pada dasarnya tidak ada satu hal pun yang bisa didapatkan dari mengonsumsi rokok kecuali mendapatkan asap yang buruk bagi kesehatan.

Jenis-jenis Rokok
Jenis-jenis rokok biasanya dikelompokkan berdasarkan bahan pembungkusnya, penggunaan filter pada rokok, bahan baku pembuatannya, dan proses pembuatannya.

  1. Jenis Rokok Berdasarkan Bahan Pembungkusnya
  2. Klobot – rokok klobot merupakan rokok yang dibuat dengan menggunakan bahan pembungkus kulit jagung.
  3. Cerutu – rokok cerutu merupakan jenis rokok yang dibungkus dengan menggunakan daun tembakau.
  4. Kawung – rokok kawung merupakan rokok yang dibuat dengan pembungkus daun aren.
  5. Sigaret – rokok sigaret merupakan jenis rokok yang dibungkus dengan menggunakan bahan kertas.
  6. Jenis Rokok Berdasarkan Penggunaan Filternya
  7. Rokok Filter – rokok filter merupakan rokok yang dilengkapi dengan gabus penghisap.
  8. Rokok non Filter – rokok non filter merupakan rokok yang tidak dilengkapi dengan gabus penghisap.
  9. Jenis Rokok Berdasarkan Bahan Bakunya
  10. Rokok Putih – rokok putih merupakan rokok yang dibuat dengan bahan baku utama daun tembakau yang diberi tambahan saus sebagai penambah cita rasa.
  11. Rokok Klembak – rokok klembak merupakan rokok yang bahan baku utamanya berupa campuran cengkeh, tembakau, dan kemenyan yang diberi tambahan saus untuk meningkatkan cita rasanya.
  12. Rokok Kretek – rokok kretek merupakan rokok yang dibuat dengan memanfaatkan bahan baku berupa campuran daun tembakau dan cengkeh yang juga diberi saus sebagai peningkat cita rasa.
  13. Jenis Rokok Berasarkan Proses Pembuatannya
  14. Sigaret Kretek Tangan – rokok ini merupakan rokok yang dibuat secara manual menggunakan tangan dan peralatan sederhana.
  15. Sigaret Kretek Mesin – rokok ini merupakan rokok yang dibuat dengan menggunakan mesin canggih.

Demikianlah informasi mengenai pengertian rokok beserta dengan jenis – jenisnya yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Rokok dan Jenis-jenisnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.