Home » » Pengertian Seminar dan Pihak-pihak yang Ada di Dalamnya

Pengertian Seminar dan Pihak-pihak yang Ada di Dalamnya

Pengertian Seminar – Bagi setiap orang yang telah melalui pendidikan di perguruan tinggi, istilah seminar pasti bukan lah istilah yang asing bagi telinga mereka. Hal ini dikarenakan setiap orang yang ingin menamatkan pendidikan di perguruan tinggi harus melakukan seminar tugas akhir terlebih dahulu, untuk kemudian dilanjutkan dengan ujian sidang. Dalam aktivitas seminar tugas akhir, setiap mahasiswa biasanya akan mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan mahasiswa lainnya yang berperan sebagai audience.

Definisi dan Pengertian Seminar
Kata seminar pada dasarnya berasal dari bahasa latin yaitu dari kata seminaurm yang artinya tanah tempat menanam benih. Meskipun begitu, pengertian seminar yang sesungguhnya sangat jauh dari arti kata dasarnya.

Pengertian seminar adalah sebuah pertemuan yang sengaja diselenggarakan dengan tujuan sebagai pembelajaran general terhadap sebuah topik tertentu dengan jalan pemecahan masalah, yang dilakukan melalui interaksi tanya jawab antar peserta, yang proses berjalannya dipimpin oleh seorang moderator.

Pihak – pihak yang Berperan dalam Seminar
Penyaji
Pihak utama yang harus ada dalam sebuah seminar adalah penyaji ataupun pemateri. Penyaji merupakan peserta seminar yang bertugas menyajikan materi yang akan dibahas pada seminar. Dalam aktivitas penyajian materi, seorang penyaji dapat menggunakan berbagai macam alat fasilitas pendukung seperti alat peraga, komputer, proyektor, dan fasilitas pendukung lainnya.

Moderator
Selain penyaji, pihak yang juga harus ada dalam seminar resmi adalah moderator. Sama seperti hal nya diskusi-diskusi lainnya, moderator memiliki tugas sebagai seorang pemimpin acara dan berhak mengendalikan setiap susunan atau pun peraturan dalam acara seminar tersebut.

Pembawa Acara
Meskipun tidak harus ada, pembawa acara juga merupakan salah satu pihak yang berperan dalam aktivitas seminar. Pembawa acara biasanya memiliki fungsi membuka seminar, mengenalkan penyaji, pembahas, moderator, dan notulen, serta menutup acara seminar.

Pembahas
Sama seperti halnya pembawa acara, pembahas pada dasarnya tidak harus ada dalam aktivitas seminar. Pembahas biasanya hanya dihadirkan dalam acara-acara seminar khusus seperti seminar tugas akhir ataupun seminar penelitian.

Notulen
Pihak ke lima yang berperan dalam acara seminar adalah notulen. Notulen merupakan orang yang ditugaskan sebagai pencatat ataupun penulis hal-hal penting yang terjadi dalam aktivitas seminar. Hasil rangkuman yang dibuat oleh notulen biasanya akan digunakan oleh moderator dalam mebuat kesimpulan seminar.

Audience
Meskipun memiliki peran yang sangat terbatas, Audience merupakan salah satu pihak yang harus ada dalam setiap acara seminar. Audience biasanya berperan sebagai orang yang mendengar dan memberikan tanggapan (berupa kritik, saran, atau pun komentar) terhadap apa yang disampaikan oleh penyaji. Dalam memberikan tanggapan, audience harus mengikuti peraturan dan juga panduan yang diberikan oleh moderator.

Itulah beberapa definisi dan pengertian seminar yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Seminar dan Pihak-pihak yang Ada di Dalamnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.