Home » » Pengertian Topologi Jaringan dan Macam-macamnya

Pengertian Topologi Jaringan dan Macam-macamnya

Pengertian Topologi Jaringan – Dalam dunia jaringan komputer, kita sering kali dihadapkan dengan berbagai macam istilah yang cukup membingungkan, seperti salah satunya adalah istilah topologi jaringan. Istilah topologi jaringan sering kali digunakan untuk menjelaskan bentuk ataupun pola hubungan satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya. Istilah ini biasanya banyak digunakan oleh para praktisi atau pun akademisi yang bergerak di dunia konsentrasi jaringan komputer.

Definisi dan Pengertian Topologi Jaringan
Jika dijelaskan secara singkat, topologi jaringan dapat diartikan sebagai bentuk ataupun model hubungan benda – benda ataupun perangkat-perangkat yang berperan dalam sebuah jaringan komputer tertentu. Menurut Wikipedia sendiri, pengertian topologi jaringan adalah hal yang menggambarkan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan yaitu node, link, dan station.

Macam-macam Topologi Jaringan
Topologi Bus
Topologi jaringan yang pertama adalah topologi bus. Topologi bus merupakan topologi jaringan yang memanfaatkan sistem antrian. Topologi bus memiliki kelebihan utama berupa hemat biaya pemasangan (karena tidak membutuhkan banyak kabel), namun memiliki kekurangan berupa sulitnya pendeteksian gangguan dan juga lambatnya sistem transfer data (disebabkan oleh panjangnya antrian jaringan komputer yang digunakan).

Topolodi Ring
Topologi ring merupakan topologi jaringan yang memiliki bentuk membulat seperti cincin ataupun lingkaran. Pada topologi ini, setiap perangkat komputer akan dihubungkan satu sama lainnya hingga perangkat komputer terakhir bertemu dengan perangkat komputer yang pertama. Dalam topologi ini, jika satu komputer ingin mengakses data komputer lainnya, maka ia perlu melalui beberapa perangkat komputer lainnya terlebih dahulu. Contoh : jika perangkat komputer 1 ingin mengakses data dari perangkat komputer 5 (dari total 10 perangkat komputer), maka komputer 1 harus melalui perangkat komputer 2, 3, dan 4 terlebih dahulu.

Topologi Mesh
Topologi mesh merupakan topologi jaringan komputer yang dibuat dengan jalan menghubungkan satu komputer ke seluruh perangkat komputer lainnya. Pada topologi jaringan mesh, satu perangkat komputer bisa saja terhubung dengan 10 perangkat komputer (jika jumlah komputer yang terhubung ada 11) secara langsung.

Kelebihan topologi jaringan ini ada pada kecepatan proses transfer data, sedangkan kekurangannya ada pada kesemrawutan kabel penghubung dan juga tingginya biaya pembuatan topologi jaringan.

Topologi Star
Topologi star merupakan topologi jaringan yang memiliki bentuk seperti bintang. Dalam topologi star setiap perangkat komputer dihubungkan dengan menggunakan sebauh hub ataupun switch sehingga proses pengiriman data dapat berlangsung dengan lebih cepat.

Topologi Tree
Topologi tree merupakan gabungan dari topologi bus dan topologi star. Toplogi ini biasanya digunakan pada jaringan komputer berskala luas (terdiri dari sub jaringan komputer) yang membutuhkan akses yang cepat dari satu bagian jaringan ke bagian jaringan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai pengertian topologi jaringan dan macam-macam jenisnya yang bida kami sampaikan. Semoga bermanfaat!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Topologi Jaringan dan Macam-macamnya Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.