Home » » Pengertian Kesempatan Kerja dalam Dunia Kerja

Pengertian Kesempatan Kerja dalam Dunia Kerja

Pengertian Kesempatan Kerja – Dalam dunia ekonomi, kita mengenal beberapa istilah yang digunakan untuk menerangkan situasi ketenaga kerjaan yang ada di sebuah negara. Beberapa istilah ini biasanya digunakan oleh para civitas akademika ataupun para pakar ekonomi dalam berbagai macam kegiatan mereka baik dalam kegiatan intern maupun kegiatan ektern.

Salah satu istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan situasi ketenagakerjaan adalah kesempatan kerja. Istilah yang satu ini biasanya digunakan untuk menggambarkan peluang kerja yang bisa didapatkan oleh para angkatan kerja yang telah siap dan mau bekerja. Kesempatan kerja biasanya menggambarkan lowongan pekerjaan yang masih bisa diisi oleh para pencari kerja.

Penjelasan Pengertian Kesempatan Kerja
Istilah kesempatan kerja pada dasarnya terdiri dari dua kata yaitu kata kesempatan yang artinya peluang ataupun kemungkinan dan kerja yang artinya aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Jika diartikan dari frasa katanya, maka kesempatan kerja merupakan peluang yang dimiliki oleh seseorang untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bisa menghasilkan kompensasi sebagai balas jasanya.

Jika diartikan secara lebih mendalam, maka pengertian kesempatan kerja adalah sebuah keadaan yang dapat menggambarkan jumlah ataupun ketersediaan lowongan pekerjaan yang dapat dimanfaatkan/diisi oleh para pencari kerja/angkatan kerja. Sederhananya, kesempatan kerja adalah lapangan pekerjaan yang masih bisa diisi oleh orang yang mau bekerja.

Kesempatan kerja biasanya memiliki hubungan positif dengan jumlah perusahaan yang ada di suatu negara. Semakin banyak perusahaan yang ada di suatu negara, maka semakin tinggi pula tingkat kesempatan kerja di negara tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah perusahaan yang ada di suatu negara, maka semakin rendah pula tingkat kesempatan kerja yang tersedia di negara tersebut.

Kondisi Kesempatan Kerja di Indonesia
Di Indonesia sendiri, kesempatan kerja yang tersedia tergolong masih sangat sedikit. Jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang siap dan mau bekerja, maka jumlah kesempatan kerja di Indonesia bisa dikatakan sangat tidak memadai.

Rendahnya angka kesempatan kerja di Indonesia tidak lain ditenggarai oleh sedikitnya jumlah pengusaha yang mau menanamkan modalnya di Indonesia. Iklim pemerintahan yang tidak bersih, rendahnya kualitas tenaga kerja, dan rendahnya attitude tenaga kerja Indonesia merupakan tiga penyebab utama enggannya para investor asing menanamkan modalnya di Indonesia.

Kondisi di atas juga diperparah dengan tingginya motivasi para tenaga kerja terdidik untuk bisa menjadi tenaga kerja profesional, dan rendahnya kesadaran para tenaga kerja terdidik untuk mau membuka berbagai macam usaha yang bisa menyerap banyak tenaga kerja. Padahal, jika dilihat dari segi peluang dan kemampuannya, para tenaga kerja terdidik ini sangat berpeluang untuk bisa sukses dalam mendirikan usaha.

Demikianlah tulisan yang membahas mengenai pengertian kesempatan kerja ini. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Kesempatan Kerja dalam Dunia Kerja Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.