Home » » Pengertian Processor dan Fungsinya dalam Perangkat Komputer

Pengertian Processor dan Fungsinya dalam Perangkat Komputer

Pengertian Processor – Processor merupakan salah satu perangkat keras yang ada pada perangkat komputer. Processor berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer. Seluruh data yang kita input ke dalam komputer akan diproses dan diolah di dalam perangkat ini. Tanpa keberadaan perangkat processor, sebuah komputer tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Definisi dan Pengertian Processor
Istilah Processor pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris yaitu kata Process yang artinya proses pengolahan. Jika diartikan dari asal katanya, maka processor merupakan perangkat pengolah data.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian processor adalah salah satu perangkat keras yang ada pada perangkat komputer yang berfungsi sebagai perangkat pengolah dan penerjemah data yang diinput dari berbagai perangkat input menjadi data output yang dikeluarkan dari berbagai perangkat output.

Dalam mengolah dan memproses data yang ada di perangkat komputer, processor membutuhkan bantuan perangkat-perangkat lainnya baik itu perangkat input maupun perangkat output. Dalam aktivitas pengolahan data tulisan misalnya, processor membutuhkan keyboard sebagai media input data dan membutuhkan monitor dan printer sebagai media penampilan output.

Beberapa perangkat memiliki peranan penting untuk mendukung kinerja processor adalah perangkat harddisk dan perangkat memory RAM. Tanpa dua perangkat ini, processor tidak akan dapat bekerja mengolah ataupun mengubah data yang diinputkan dari perangkat lainnya.

Tingkat kemampuan processor biasanya ditentukan melalui jumlah inti yang dimilikinya. Semakin banyak jumlah inti yang dimiliki sebuah processor, maka semakin cepat pula proses pengolahan data yang dilakukannya. Tingkat kecepatan clocking processor sendiri biasanya dihitung dengan menggunakan satuan GHz. Hingga saat ini, kecepatan processor tertinggi yang telah ditemukan adalah 4 GHz.

Fungsi Processor dalam Perangkat Komputer
Dalam perangkat komputer, processor setidaknya memiliki tiga fungsi dasar, yaitu sebagai berikut:

Perangkat untuk Memproses Data
Fungsi processor yang pertama adalah sebagai perangkat pemroses data. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, processor berfungsi sebagai perangkat yang memproses seluruh data yang diinputkan oleh user ke dalam perangkat komputer melalui perangkat input.

Perangkat penerjemah Data
Fungsi processor yang kedua adalah sebagai perangkat penerjemah data. Dalam mengubah data input menjadi data output, processor harus dapat menerjemahkan data masukan yang berupa aksi yang dilakukan oleh user menjadi data keluaran yang berguna bagi user.

Pengatur Kerja Perangkat Lain
Fungsi processor yang ketiga adalah sebagai perangkat yang mengatur kerja perangkat lain. Dalam menampilkan output, processor membutuhkan bantuan berbagai macam perangkat output yang ada pada perangkat komputer. Dan untuk bisa mengeluarkan output, perangkat output membutuhkan perintah dari processor mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

Demikianlah tulisan yang berisi pengertian processor dan beberapa fungsinya pada perangkat komputer ini. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Processor dan Fungsinya dalam Perangkat Komputer Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.