Home » » Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi – Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu sistem informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan aktivitas pengambilan keputusan berdasarkan data-data dan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Sistem informasi akuntansi memegang peranan yang cukup vital dalam perusahaan. Agar keputusan yang diambil oleh perusahaan benar-benar tepat, maka sistem informasi akuntansi dalam perusahaan tersebut juga harus benar-benar tepat dan benar.

Lantas, seperti apakah sebenarnya definisi sistem informasi akuntansi itu? Untuk lebih memahami definisinya, berikut ini merupakan beberapa definisi dari sistem informasi akuntansi yang telah kami rangkum dari beberapa sumber referensi :

Beberapa Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

  • Wilkinson (1990)

Menurut Wilkinson, sistem informasi akuntansi merupakan sistem informasi formal yang memiliki tujuan, tahapan, tugas, pengguna, dan sumber daya yang mencakup seluruh bagian aktivitas dan kegiatan yang ada pada perusahaan dalam penyediaannya informasi untuk setiap elemen tersebut.

  • Baridwan. (1998)

Menurut baridwan, sistem informasi akuntansi terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kesalahan ekonomis yang bertujuan untuk menghasilkan umpan balik berupa laporan-laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan untuk aktivitas penawaran usaha serta untuk pihak-pihak terkait perusahaan lainnya seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga pemerintahan sebagai landasan untuk menilai hasil operasional perusahaan.

  • Wilkinson dan Cerullo (1995)

Menurut Wilkinson dan Cerullo, pengertian sistem informasi akuntansi adalah struktur yang menyatu dalam suatu entitas yang memakai sumber daya fisik beserta dengan komponen lainnya, untuk mengubah data transaksi keuangan menjadi sebuah informasi akuntansi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan terhadap informasi dari para pengguna ataupun pemakainya.

  • Niswonger, Fess & Warren (1995)

Menurut Niswonger, Fess & Warren, sistem informasi akuntansi merupakan suatu sarana bagi tim manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mengelola perusahaan dan untuk menyusun laporan keuangan bagi pemilik, kreditor, dan berbagai pihak yang berkepentingan lainnya.

  • George H. Bodnar dan William S. Hopwood (1996)

Menurut George H. Bodnar dan William S. Hopwood, sistem informasi akuntansi merupakan kumpulan sumber daya seperti : manusia dan peralatan, yang diatur sedemikian rupa untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi akuntansi yang dibutuhkan oleh para penggunanya.

  • Mulyadi (2001)

Menurut Mulyadi, sistem informasi akuntansi merupakan organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa sebagai upaya untuk menyediakan informasi keuangan yang diperlukan oleh tim manajemen dalam upaya pengelolaan dan pengambilan keputusan perusahaan.

Itulah beberapa pengertian sistem informasi akuntansi menurut para ahli yang banyak dijadikan panutan dalam dunia pendidikan akuntansi. Semoga bermanfaat ya!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.