Home » , » Niat Puasa Doa Buka Puasa Ramadhan Niat Sholat Tarawih Witir

Niat Puasa Doa Buka Puasa Ramadhan Niat Sholat Tarawih Witir

Niat Puasa Doa Buka Puasa Ramadhan Niat Sholat Tarawih Witir : Tak terasa sebentar lagi kita akan melakukan kewajiban sebagai seorang muslim baik laki laki maupun perempuan yang sudah akil baligh , bulan Ramadhan adalah bulan penuh Hikmah , Rahmat , Pengampunan dan masih banyak lagi, tetapi walaupun begitu bukan berarti melakukan maksiat pada bulan Ramadhan tidak mendapat dosa, walaupun bulan tersebut adalah bulan pengampunan.

Disini Tidak akan kami ulas kebaikan dan kelebihan bulan Ramadhan , karena dihalaman ini hanya sebagai pengingat saja tentang Niat Puasa Doa Buka Puasa Ramadhan Niat Sholat Tarawih Witir, sebenarnya tidak perlu kami tulis , tapi biar bagaimanapun yang namanya manusia tempatnya lupa , maka tidak ada salahnya kami tulis niat puasa dihalaman ini. kalau anda masih ingat dengan niat nya , yaa anggap saja sebagai pengingat diri saya sendiri.

Do'a Niat Puasa

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالى
"Nawaitu sauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita'ala" 

Artinya: "Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala"

Niat Buka Puasa

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
"Allahummalakasumtu wabika aamantu wa'alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin"

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Dibawah ini akan kami sajikan kepada anda niat sholat sunnah yaitu sholat tarawih dan witir yang biasanya menjadi rutinitas disaat bulan puasa. Semoga bermanfaat ya.

Lafaz niat shalat tarawih dan shalat Witir

lafaz niat shalat tarawih
ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﺘَّﺮَﺍﻭِﻳْﺢِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻣَﺄْﻣُﻮْﻣًﺎ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Latin : Usholli sunnatattarawihi rak’ataini mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat sholat tarawih dua rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.

Lafaz niat shalat Witir 2 rakaat

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِﻣَﺄْﻣُﻮْﻣًﺎ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Latin : Usholli sunnatal witri rak’ataini mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat sholat witir dua rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.

Lafaz niat shalat Witir 1 rakaat

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺭَﻛْﻌَﺔً ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻣَﺄْﻣُﻮْﻣًﺎﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Latin : Usholli sunnatal witri rak’atan mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat sholat witir satu rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.

Yang harus selalu diingat adalah , jika menjalankan Puasa Ramadhan , maka harus ada niat terlebih dahulu, dan niat tersebut tidak boleh pada siang hari, tetapi kalau di indonesia adalah sebelum waktu imsak atau pas imsak , kenapa harus  imsak ? karena untuk menyeragamkan kaum muslimin yang menjalankan puasa Ramadhan. { Dan Tidak Diperbolehkan Niat Satu Kali Untuk Puasa Satu Bulan }

Allah SWT di dalam Al-Quran Berfirman: "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam, janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (QS Al-Baqarah: 187)"

Yang disebut dengan fajar di dalam ayat ini bukan terbitnya matahari. Fajar adalah fajrus-shadiq, yaitu cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk Timur yang muncul beberapa saat sebelum matahari terbit.

Ada dua macam fajar, yaitu fajar kazib dan fajar shadiq. Fajar kazib adalah fajar yang `bohong` sesuai dengan namanya. Maksudnya, pada saat dini hari menjelang pagi, ada cahaya agak terang yang memanjang dan mengarah ke atas di tengah di langit. Bentuknya seperti ekor Sirhan (srigala), kemudian langit menjadi gelap kembali. Itulah fajar kazib.

Sedangkan fajar yang kedua adalah fajar shadiq, yaitu fajar yang benar-benar fajar yang berupa cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk Timur yang muncul beberapa saat sebelum matahari terbit. Fajar ini menandakan masuknya waktu shubuh.

Teruslah berupaya dalam meningkatkan amal sholeh. Agar kita menjadi orang-orang pilihan yang dalam kasih sayangNya dan selalu mendapat berkah berlimpah dariNya. Kita makhluk penuh dosa dan alfa, kita manusia yang seringkali kufur nikmat. Kita terlalu naif dalam banyak hal dan terkadang kita melalaikan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkanNya. Berapa kali kita melanggar apa yang telah dilarangNya, Berapa kali kita terlalu enggan menyembahNya.
Anda sedang membaca artikel tentang Niat Puasa Doa Buka Puasa Ramadhan Niat Sholat Tarawih Witir Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link Aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.